PPP Resmi ke DAMAI

Pasangan Cabup Darwis Moridu-cawabup Anas Yusuf (DAMAI) foto bersama kader PPP usai mengahadiri kegiatan rapat Pleno DPC PPP yang menyatakan sikap keluar dari koalisi mendukung PAHAM dan resmi bergabung dengan pasangan DAMAI dengan nomor urut 2.(foto : rg)

RadarGorontalo.com – Atmosfir pergerakan dukungan partai-partai politik, pasca tidak terakomodirnya pasangan calon PAHAM, menjelang hari ‘H’ Pemilukada Boalemo, pada 15 Februari mendatang, kian pasti saja. Rapat Pimpinan Harian (Pinhar) DPC PPP Kabupaten Boalemo, yang turut dihadiri unsur DPW PPP Provinsi Gorontalo, Minggu (5/2), resmi menyatakan diri, mendukung pasangan calon Darwis Moridu – Anas Yusuf (DAMAI).

Ketua DPC PPP Abdilah menjelaskan kronologi PPP keluar dari koalisi dan resmi mendukung pasangan DAMAI. Dalam kegiatan Harlah PPP yang dilaksanakan di Provinsi Gorontalo yang dihadiri Ketua Umum DPP PPP Romahurmuzy didampingi Suharso Monoarfa, seluruh pengurus DPC PPP Boalemo diundang khusus untuk menjelaskan kondisi politik di Kabupaten Boalemo pasca pencoretan pasangan PAHAM oleh KPUD Boalemo. Abdilah menjawab bahwa, desakan masyarakat Boalemo kader PPP meminta DPC PPP segera bersikap di Pilkada Boalemo yang kemudian sikap tersebut diserahkan kepada pengurus DPW dan DPP PPP dengan melihat perkembangan kondisi yang terjadi dilapangan. Dengan data infomasi tersebut, Ketua PPP Romahurmuzy memerintahkan kepada pengurus DPC PPP Boalemo untuk menggelar rapat menentukan sikap partai selanjutnya. Dalam kegiatan rapat pleno PPP Boalemo (5/2) , yang dihadiri oleh Sekretaris DPW PPP provinsi Gorontalo Awaludin Pauweni serta pengurus DPC dan PAC se Kabupaten Boalemo untuk merapatkan arah dan dukungan PPP kedepan di pilkada Boalemo.

Namun kata Abdilah, sebelum rapat dilaksanakan, Ketua pengurus DPW PPP Provinsi Gorontalo Muhallim Litty sudah memberitahukan kepada Cabup petahana Rum Pagau bahwa PPP akan bersikap kepada salahsatu pasangan calon Bupati-Cawabup dari perseorangan yang bertarung saat ini. “Kenapa ini dilakukan, karena PPP adalah partai islam yang menganut etika politik yang islami. Jadi kami datang baik-baik mengusung pasangan PAHAM. Jadi kalau mau keluar, harus pamit dengan baik-baik kepada Rum Pagau selaku Cabup PAHAM. Dan saya juga selaku Ketua DPC telah menghubungi Bapak Rum pagau melalui SMS untuk menyaampaikan PPP Boalemo akan melaksanakan rapat sekaligus bersikap.

Lanjut Abdilah, alasannya PPP mendukung pasangan DAMAI karena semua upaya DPP PPP dalam mengawal kasus kemarin sudah dilakukan oleh pengurus DPW dan DPP PPP dan saat ini, upaya belum membuahkan hasil. Selanjutnya PPP adalah parpol di Kabupaten Boalemo yang punya kewajiban dan tanggung dalam perheralatan Pilkada dapat berkontribusi di Pilkada Boalemo maka PPP sebelum tanggal 15 Februari punya sikap menyalurkan aspirasi masyarakat kader yang dibawah bendera PPP. “Kenapa PPP mendukung pasangan DAMAI, karena PPP Boalemo melihat dan sudah mengkaji ada kesamaan visi dan misi program Cagub dan Cawagub maju di Pilgub yang diusung oleh PPP khususnya dalam bidang pertanian dan perikanan. Kemudian alasan lainnya adalah Cabup dari DAMAI, tidak bersedia memegang partai politik di Boalemo apabila terpilih Bupati,” ujarnya sambil menambahkan, dalam kegiatan tersebut hadir juga Cabup Darwis Moridu dan Cawabup Anas Yusuf yang menandatangan Pakta Integritas.

Dihubungi terpisah, Sekertaris DPW PPP Provinsi Gorontalo, Awaludin Pauweni, membenarkan hal itu. “Benar, saya turut hadir sebagai unsur DPW di rapat Pinhar DPC PPP Boalemo tadi (kemarin,red). Dalam keputusannya, PPP menyatakan dukungan ke DAMAI di Pilkada Boalemo.” ungkap Awaludin. “Dalam artian, meski tidak (dimasukan) dalam dukungan administrasi, namun PPP Boalemo, akan secara politis, mendukung pemenangan pasangan calon DAMAI. Dan seluruh kader PPP se kabupaten Boalemo, dimintakan untuk mentaati dan menjalankan keputusan partai ini,” imbuh politisi PPP di Deprov Gorontalo ini.

Sementara itu Cabup Darwis Moridu dihubungi terpisah menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PPP yang sudah menyatakan sikapbergabung dengan pasangan DAMAI. Bagi Cabup yang dijuluki panglima petani ini, bergabungnya PPP bisa menjadi modal bagi pasangan DAMAI untuk sama-sama berjuang memenangkan pasangan DAMAI di Pilkada ini. Pihaknya berharap, beberapa Parpol yang belum menyatakan sikap, segera bersikap dan bergabung bersama pasangan DAMAI.

Sebab menurut Darwis, untuk membangun Kabupaten Boalemo kearah yang lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera, perlu dukungan dari parpol dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Boalemo. “ Selamat bagi kader PPP yang sudah bergabung, dan kami berharap parpol lainnya segera bergabung dengan pasangan DAMAI untuk mewujudkan 14 program DAMAI yang sangat pro rakyat ini,”pungkasnya.(rg-45,rg-28)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.