Pohuwato Miniatur Indonesia

Peserta parade budaya dari kelompok etnis Gorontalo

Parade Budaya, di HUT ke 14

RadarGorontalo.com – Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo, nama Pohuwato dikenal karena keragaman suku dan budayanya. Bukan berlebihan, kalau istilah miniatur Indonesia disematkan di daerah ini. Semua itu dipertontonkan, dalam pembukaan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FPPPC), Selasa (2/5). Menariknya, iven pariwisata itu mendapat dukungan dari kementrian Pariwisata, yang mengaku siap membantu Pohuwato untuk promosikan keindahan daerah berjuluk Bumi Panua itu.

Suryadin, Pohuwato.

Kegiatan ini sejatinya, adalah bagian dari perayaan ulang tahun Kabupaten Pohuwato ke 14, yang puncaknya nanti digelar, 6 Mei mendatang. Memang tak cuma iven pariwisata yang digelar, iven-iven lainnya yang bertema religi juga ikut digeber.

Bicara soal pariwisata, daerah yang terletak di ujung barat Pohuwato itu, memiliki garis pantai yang lebih panjang dibanding daerah lain. di Pohuwato sendiri, selain menawarkan keindahan alam baharinya, orang yang berkunjung ke daerah ini juga bisa ikut berwisata budaya. Sebut saja Kecamatan Randangan dan Taluditi, yang banyak memiliki bangunan pura tempat ibadah umat Hindu. Belum lagi, Desa Bohusami tempat sejumlah suku di Sulawesi Utara, hingga Desa Torosiaje yang dihuni Suku Bajo. Dan semua itu, disajikan apik dalam pembukaan FPPPC, yang diikuti kurang lebih 13 etnis yang ada di Pohuwato.

Peserta parade budaya dari kelompok etnis Bali

Pohon cinta sendiri dipilih sebagai pusat gelaran iven pariwisata, karena di tempat ini, Bupati Syarif Mbuinga coba menjadikan tempat tersebut sebagai pusat wisata keluarga yang jauh dari kata remang-remang, dan lebih religius.

Bicara soal pariwisata, Bupati Syarif tak ingin menampilkan promosi yang berbau pencitraan semata. Olehnya sejumlah infrastruktur pendukung mulai dibangun, sehingga selesai periode keduanya nanti, infrastruktur itu akan menjadi warisan berguna bagi penerusnya nanti, untuk mempromosikan keindahan pariwisata Pohuwato ke dunia luar.

Saat pembukaan kemarin, Syarif dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan. Tak segan dirinya meminta maaf, jika iven kemarin itu banyak yang kurang. Lain lagi dengan Ni Putu Gayatri mewakili Kementrian Pariwisata. Dirinya memberikan apresiasi atas iven yang digelar, bahkan menjanjikan siap membantu mempromosikan iven-iven pariwisata Pohuwato kedepan.

Tema pariwisata sangat kental di ulang tahun Pohuwato kali ini. Rencananya, di iven FPPC nanti, akan digelar berbagai kegiatan seperti, Lomba Renang dari Pulau Lahe hingga Pantai Pohon Cinta, lomba perahu hias, lomba layang-layang, lomba kuliner khas daerah khusus jagung, serta parade budaya lintas etnis oleh 14 etnis. Seluruh iven dibuka untuk umum, bahkan penyelenggara membuka kesempatan bagi peserta umum yang ingin mendaftar, dengan cara mengirimkan email ke pariwisata_pohuwato@yahoo.co.id atau menghubungi langsung sekretariat panitia, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pohuwato. (**/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.