Pilwako Perang Dana, Ini 3 Pasang Paling Panas

ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Sejumlah partai menilai Marten Taha masih sangat kuat untuk memenangkan Pilwako. Asalkan bisa memenuhi 2 syarat, pertama dia harus punya kendaraan, kedua dia harus punya pasangan yang punya dana besar. Ingat, Marten tak bisa hanya mengandalkan Gokar. karena harus mencari koalisi baru bisa mencalonkan.

Ketua DPC PPP Kota, Rifai Bukusu mengatakan, Marten harus berpikir yang terburuk, bagaimana kalau dia tak bisa mengendarai Golkar karena tak ada partai koalisi. Makannya Marten harus cari kendaraan alternatif seperti jalur independen atau lewat koalisi PPP Demokrat.

Siapa yang akan jadi Wakil beliau, tinggal dilihat dari hasil survey, apakah dari PD atau PPP. Disinggung soal dana, Ayi tersenyum, lalu dengan nada datar mengatakan, bahwa politik itu bargaining. “Saya dengan Rian Kono siap mendampingi beliau, itu bagus, tetapi Golkar Kota ingin Yanto. Kalau tak ada titik temu, datanglah pada kami,” kilah Ayi. Apa yang dikatakan Ketua PPP tentang koalisi dengan PD bisa terjadi. Marten boleh kuat, tapi bagaimana kalau dia tak punya kendaraan? pertanyaan Gusnar ini bisa saja merupakan isyarat bahwa PD terbuka untuk Marten. Apalagi PD sudah terbuka menyodorkan Lola sebagai Wakil Walikota, jika Marten maju dengan Golkar.

Lalu bagaimana kalau Rian yang menjadi pendamping, tentu saja perlu ada pembicaraan lagi. Tetapi kalau lewat koalisi PD – PPP, boleh jadi Marten – Lola. Sebab, besar kemungkinan Lola bergabung di kabinet Nelson. Lalu kemana Golkar?. nah, beringin bisa saja berkoalisi dengan PBB menampilkan Yunus Nusi Dan Yanto. Tetapi sejumlah kader Golkar mengatakan itu tak mungkin, sebab kalau Marten berpasangan dengan Rian, sudah pasti mereka akan maju dengan Golkar. “Pak Rum kan orang DPP sementara Ketua DPD I pak Rusli,” kata seorang pengamat politik di Kota Gorontalo. Jadi kata dia yang mungkin terjadi, PD – PPP akan memasangkan Yunus -Lola, kemudian PDIP – PAN Rum Pagau – Amang. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *