Pilkades e-Voting Jadi Pilot Project Nasional

Bupati Rum Pagau menerima penghargaan dari Kepala BPPT RI, Unggul Priyanto.
Bupati Rum Pagau menerima penghargaan dari Kepala BPPT RI, Unggul Priyanto.

RadarGorontalo.com – Kesuksesan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Boalemo pada tahun 2015 lalu, menyedot perhatian nasional. Pemerintah daerah Kabupaten Boalemo dianggap berhasil menyelenggarakan pilkades yang menerapkan sistem Elektronik Vote (e-Voting) berbasis e-KTP.

Atas prestasi tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Boalemo mendapatkan penghargaan yang diterima langsung oleh Bupati Boalemo Rum Pagau dari Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) Republik Indonesia. Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala BPPT, Dr.Ir.Unggul Priyanto, M.Sc dalam acara yang berlangsung di ruangan Auditorium Gedung BPPT Jakarta.

Menurut Unggul, pemerintah daerah Kabupaten Boalemo telah berhasil melakukan inovasi dalam penyelenggaraan Pilkades e-Voting berbasis e-KTP. “Kami sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Boalemo, sehingga Pilkades e-Voting ini bisa berjalan dengan baik dan sukses,” ucap Unggul.

Dalam penyerahan tersebut, pihak BPPT juga menetapkan Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan sebagai Pilot Project Nasional. Pasalnya, dari 541 Kabupaten/Kota di Indonesia, hanya Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Banyuasin yang mendapatkan penghargaan, karena sukses menyelenggarakan Pilkades dengan sistem e-Voting berbasis e-KTP.

Penyerahan penghargaan kepada Bupati Boalemo Rum Pagau itu, disaksikan juga oleh Mantan Presiden BJ.Habibie, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK) RI, Puan Maharani dan anggota DPR-RI Fadel Muhammad. (RG-59)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.