Pilgub Mirip Pertarungan Pilpres

ilus-pilgub-pilpres

RadarGorontalo.com – Bulan November nanti, Pemilihan Gubernur Gorontalo, bakal jadi ajang pertarungan elite nasional. Tokoh-tokoh besar, sekelas Megawati Sokarno Putri, Prabowo, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Setya Novanto, bakal mengkampanyekan jagoan masing-masing. Rata-rata tokoh besar itu, masuk dalam sederet jurkam nasional yang sudah didaftarkan di KPU Provinsi Gorontalo.

Rupanya, masing-masing partai menaruh perhatian prioritas untuk pemilihan gubernur, termasuk pilgub di Gorontalo. Memang, sampai sekarang masing-masing pengurus partai di daerah, tengah berkoordinasi untuk mendapatkan jadwal kedatangan elit politik pusat itu. Tak cuma empat tokoh diatas, Wiranto juga akan turun dari Hanura, dan Zulkifli Hasan untuk PAN.

Ghalieb Lahidjun sekretaris tim pemenangan Rusli Habibie – Idris Rahim (NKRI), memastikan pasangan ini, akan dikampanyekan langsung oleh mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono selaku ketua dewan pembina Demokrat, dan Setya Novanto Ketua Umum Golkar. Mereka akan datang denga sederet tokoh nasional lainnya. Seluruh jurkam ini, sudah didaftarkan di KPU.

Sedangkan dari pasangan HATI, Kedatangan Megawati sendiri, bukan isapan jempol. Kedatangan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu (17/10), menjadi signal kedatangan sang ketua umum. Apalagi, menurut Hasto, Provinsi Gorontalo punya kedekatan emosional dengan Megawati. Karena, beliau yang menandatangani pemekaran provinsi ini, saat Megawati menjabat presiden RI kala itu. Begitu juga dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo, dipastikan ikut turun kampanyekan pasangan Hana Hasanah – Tony Junus (HATI). Gerindra sendiri, selama dua hari menggelar rakerdasus untuk persiapan Pilgub.

“Ini sejarah karena Ibu Mega dan pak Prabowo serta Ketua Umum dari PPP dan PKB akan hadir bersamaan di Gorontalo,” kata Sekretaris DPD PDIP Gorontalo, La Ode Haimudin.

Tak ayal, panggung kampanye pilgub nanti, tak cuma menjadi ladang pertarungan para calon gubernur dan wakil gubernur, tapi juga akan jadi ajang adu kehebatan dan gengsi dari tokoh-tokoh hebat nasional, yang rata-rata pernah mencalonkan diri sebagai calon presiden RI. Hasil pilgub Gorontalo, serta hasil pilgub daerah lainnya, akan sangat menentukan pemilihan presiden mendatang. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.