Petualangan di Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang

RadarGorontalo.com –┬áBicara soal potensi wisata, Gorontalo harusnya menerapkan konsep Adventure Tourism. Karena daerah ini, memiliki spot wisata natural, yang belum semuanya terekspos. Salah satunya Pantai Pasir Panjang yang terletak di Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo. Untuk ke tempat ini, dari Kota Gorontalo, memakan waktu sekitar tiga jam perjalanan.

Pantai Pasir Panjang sendiri terletak di Desa Olibu. Menuju desa ini, memakan waktu sekitar 1 jam lebih, dari jalan raya. Kondisi jalan yang sebagian besar rusak, membuat perjalanan terasa begitu lama. Tapi tenang… rasa lelah itu sepadan dengan keindahan alam yang ditawarkan nanti. Karena tak cuma pantainya yang indah, kawasan ini juga menawarkan spot diving yang menjanjikan. Tak kalah dari Olele atau Bunaken.

Di kedalaman 5 sampai 20 meter, beberapa biota laut bisa dijumpai di Pantai Pasir Panjang ini. Seperti cumi-cumi (cuttlefish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels), dan ribuan ikan hias. Begitu pula dengan terumbu karangnya, masih dalam kondisi terawat baik dan menjadi rumah bagi hewan-hewan laut. Meskipun pada 20 tahun lalu, pernah rusak akibat bom ikan. Gugusan batu karang di kedalaman 10 meter dan panjang mencapai 18 meter tersebut, merupakan rumah bagi berkumpulnya ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

Keindahan bawah laut pantai pasir panjang
Keindahan bawah laut pantai pasir panjang

Potensi sumberdaya, khususnya terumbu karang di pantai Pasir Panjang memiliki keanekaragaman hayati. Selain itu, nilai ekonomi dari tangkapan ikan dan keindahannya. Masih terdapat karang yang bagus di beberapa lokasi. Asosiasi berbagai jenis ikan karang yang berlimpah. Pertumbuhan terumbu karang di Pasir Panjang yang berada di pesisir Teluk Tomini, didukung tingkat kecerahan yang tinggi.

Terdapat beberapa bentuk pertumbuhan karang di Pasir Panjang. Antara lain, karang bercabang (branching coral), karang berkolom (collumnar coral), karang meja (table coral), karang daun (foliaceaous coral), karang masif atau batu, karang soliter dan karang lapis. Di bagian celah, kami menamakan Radar Gorontalo, untuk spot penyelaman ini, ada juga spot penyelaman PinoguNews dan V.M. Spot penyelaman V.M berada di tanjung searah dengan mangrove.

Di lokasi ini memiliki nilai keanekaragaman dan keindahan utk wisata bawah laut. Belum banyak yang menyelam di lokasi ini. Memang terdapat beberapa titik pengamatan yang telah mengalami kerusakan dan perlu penanganan serius. Kerusakan ini karena kegiatan yang merusak, seperti pengeboman. Kerusakan lainnya juga karena pemutihan karang (coral bleaching). (helmi/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.