Petani Kini Punya Kartu ATM Khusus

Tim BRI Pusat saat menemui Wagub Idris Rahim, diruang kerjanya, untuk membahas terkait Kartu ATM Petani

RadarGorontalo.com – Dihari pertama masuk kantor, Wakil Gubernur Idris Rahim, menerima kunjungan Kepala Bagian Pengembangan Bisnis Mikro Bank BRI Pusat, Dwi Mulyono bersama rombongan. Pertemuan itu sendiri selain untuk silaturahmi, juga membahas beberapa program BRI yang sinkron dengan Pemprov Gorontalo.

Dimana Dwi menjelaskan bahwa pemerintah pusat telah memprogramkan kartu ATM khusus petani, dimana kartu tersebut merupakan program dari Presiden Republik Indonesia, untuk memudahkan petani dalam melakukan transaksi. Dan khusus untuk Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tenggah yang menjadi penangungjawab untuk kartu petani diberikan kepada Bank BRI.

“Tentunya ini merupakan suatu inovasi dari pemerintah pusat kepada perbankan agar supaya petani dalam melakukan transaksi di bank aksesnya bisa cepat dan mudah. Kartu ATM petani mempunyai fungsi debet serta fungsi sebagai kartu untuk subsidi pupuk, kemudian fungsi lainya dengan adanya kartu ATM tersebut pemprov dapat mengetahui data petani, kapan harus panen sehingga memudahkan bagi untuk memprediksi jumlah produksi pertanian,” jelasnya. Masih kata Dwi, kartu ATM Petani juga berfungsi untuk petani sendiri ketika terjadi transaksi uangnya langsung masuk ke rekening BRI tanpa harus membawa uang tunai, dan petani bisa memperhitungkan produksi kebutuhan pupuk disetiap musim tanam.

Terkait hal itu, Wagub menyambut baik apa yang sudah dibuat oleh BRI melalui kartu petaninya, tentunya ini tidak lepas dari program pemerintah pusat yang di prakasai oleh Presiden Joko Widodo. “Ini merupkan terobosan terbaru dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup para petani sehingga petani itu sendiri dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli terhadap produksi pertaniannya tanpa harus pergi ke bank,” katanya.

Dengan adanya kartu petani, kata Idris lagi, dapat menekan angka pengangguran khususnya di Provinsi Gorontalo karena dengan adanya agen Brilink yang dibuat oleh Bank BRI itu sendiri. “Bayangkan saja, sampai saat ini agen Brilink yang tersebar di Provinsi Gorontalo sudah mencapai 1034 orang yang pendapatan setiap bulannya bisa mencapai jutaan rupiah, ini merupakan langkah strategis untuk dapat memakmurkan masyarakat khususnya bagi para petani di Provinsi Gorontalo. Sehingganya saya berharap program yang sudah ada ini agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas agar masyarakat tahu bahwa di Provinsi Gorontalo telah ada kartu ATM khusus petani,” pungkasnya. (RG-25)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *