Pesan Haji Roni, Administrasi Kependudukan Harus Tuntas

Wakil Bupati Drs.Hi

Wakil Bupati Drs.Hi.Roni Imran.

RadarGorontalo.com – Wakil Bupati Drs.Hi.Roni Imran sangat peduli dengan kondisi masyarakatnya. Ia tidak hanya intens turun menemui masyarakat di setiap desa tersebar di 11 kecamatan. Kali ini tercetus ide dari pria yang akrab disapa HR ini, untuk melakukan “sweeping” kependudukan. Artinya kata ia, melalui instansi teknis terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, setiap rumah warga dikunjungi, diminta memperlihatkan administrasi kependudukannya. “Jika ada yang belum memiliki kelengkapan administrasi kependudukan, seperti KTP bagi yang wajib, kartu keluarga, akta lahir maupun buku nikah dan administrasi lainnya, maka mereka didorong untuk segera mengurus.

Apalagi layanan publik untuk mendapatkan administrasi kependudukan di daerah ini, didapatkan dengan gratis,” ujar Wabup. Ia mengaku sedih masih banyak warga miskin yang terpaksa membayar sendiri biaya Rumah Sakit karena tidak memiliki kartu perlindungan kesehatan dari Pemerintah Daerah, akibat mereka tidak memiliki administrasi kependudukan yang lengkap sebagai syarat mendapatkannya. Bahkan tidak dipungkiri, ia sebagai Wakil Bupati masih sering membayarkan biaya Rumah Sakit warganya yang tidak mampu membayar. “Itu bukan masalah, namun jika wajib memiliki layanan kesehatan bantuan Pemerintah, maka sebaiknya mereka yang berhak harus mendapatkannya,” ujar Wabup.

Lanjut kata ia, sangat penting bagi Pemerintah Daerah mendorong masyarakatnya khususnya warga miskin untuk mendapatkan perlindungan baik kesehatan maupun bantuan-bantuan yang akan mendorong produktivitas mereka agar bisa keluar dari kemiskinannya. “Instansi teknis terkait bisa berinovasi mendorong warga tuntaskan administrasi kependudukan, dengan melakukan “sweeping” agar seluruh warga terdorong memiliki administrasi kependudukan yang penting untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah secara adil dan merata,” kata Wabup. Ia berharap, tahun 2016 ini seluruh masyarakat tersebar di 11 kecamatan sudah tuntas administrasi kependudukan dan Pemerintah Desa dan Kecamatan pun proaktif mendorong penuntasan tersebut bekerja sama dengan instansi teknis terkait. (RG.53)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *