Perusahaan Jangan Rusak Lingkungan Bone Bolango

ilustrasi
ilustrasi

RadarGorontalo.com – Ketua Rembuk Rakyat Bone Bolango (Bonbol), Yakub Tangahu menegaskan kepada seluruh perusahaan baik yang baru mau masuk ke Bonbol atau yang sudah didalam agar memperhatikan persoalan lingkungan. Karena Bonbol merupakan daerah rawan bencana, jadi kalau ada perusahaan yang tidak ramah lingkungan maka silahkan angkat kaki dari daerah kami’, tegas Yakub.

Pernyataan ini sengaja disampaikan karena banyak bencana yang diakibatkan oleh aktifitas perusahaan, baik soal banjir dan longsor. Satu contoh adalah galian C baik yang ada di Bone maupun di Suwawa. Khusus galian C di Bulontala Timur saat ini sudah dipersoalkan oleh masyarakat sekitar, karena aktifitas mereka sudah melewati batas yang telah ditentukan oleh Dinas pertambangan Provinsi yakni hanya di desa Bulontala timur, tapi kini melebar ke desa Bulontala induk. Sehingga, warga khawatir ketika aktifitas perusahaan yang dikelola oleh PT Dinasti ini akan mengakibatkan bencana karena desa mereka tidak termaktub dalam Amdal.

Ini yang harus diperhatikan bersama karena masalah perijinan maupun dampak aktifitas perusahaan bisa memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Yakub yang turut didampingi Yamin Akuba dari LSM Fokus menghimbau agar Pemerintah Daerah baik Eksekutif dan Legislatif untuk lebih pro aktif didalam menyikapi masalah seperti ini, guna mengantisipasi adanya persoalan dikemudian hari yang tentunya tidak kita inginkan bersama”, pungkas Yakub. (RG-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.