Perjuangan Hamim untuk Kopi Pinogu, Dari Bone Bolango ke New Zealand

Hamim Pou dan tokoh nasional asal Gorontalo Rachmat Gobel bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di New Zeland

RadarGorontalo.com – Hamim benar-benar hebat. Berpikirnya bukan lagi hanya untuk kepentingan daerah, tapi sudah kepentingan nasional. Hamim pun mulai tampil di level nasional. Hamim tidak sendiri, tapi ada Rachmat Gobel disana.

Bahkan beberapa kali, Rachmat Gobel mengajak Hamim untuk mengikuti kegiatan internasional. Hamim pun tidak lupa mengangkat nama Bone Bolango. Jika sebelumnya, Hamim diajak Rachmat Gobel ke Jepang. Kali ini, Hamim lagi-lagi bersama Rachmat Gobel mengujungi New Zeland atau lebih dikenal dengan negara Selandia Baru.

Rachmat Gobel dan Hamim selalu berpikir untuk Gorontalo. Makanya saat berkunjung ke Selandia Baru, dua putra terbaik Gorontalo ini tidak pergi dengan tangan kosong. Mereka membawa produk unggulan Gorontalo yakni Karawo dan Kopi Pinogu. Kedua produk inipun kini sudah masuk pasar Selandia Baru.

Hamim mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) dan Rachmat Gobel mewakili keluarga besar masyarakat Gorontalo. Dalam kunjungan kali ini, Hamim dan Rachmat Gobel mendampingi ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengresmikan Graha Gorontalo yang terletak di Welington, kompleks Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Zeland.

Graha Gorontalo adalah bangunan dua lantai yang dibangun Rachmat Gobel. “Karawo dan Kopi Pinogu adalah produk khas Gorontalo yang masuk pasar Selandia Baru. Kita kini punya Graha Gorontalo di Wellington yang diresmikan oleh ketua DPR RI. Terima kasih pak Bambang Soesatyo.” ucap Hamim.

Bupati Bone Bolango dua periode ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk New Zeland, Tantowi Yahya. “Terima kasih telah mengundang kami mengenalkan Gorontalo di negara Pasifik.” tambahnya. Produk kopi Pinogu dan Karawo memang menjadi daya tarik di Graha Gorontalo.

Bangunan dua lantai itu diharapkan dapat menjadi etalase bagi peningkatan komoditas ekspor Indonesia, membantu memasarkan produk Gorontalo dan Indonesia di Pasifik.

Makanya ketika berada di dalam gedung Graha Gorontalo ini, pengunjung akan disugukan dengan aktivitas promosi sejumlah produk Indonesia, termasuk Kopi Organik Pinogu asal Bone Bolango. “terima kasih pak Rachmat Gobel yang selalu membantu mengenalkan produk Gorontalo ke dunia internasional.” kata Hamim.

Duta Besar Tantowi Yahya sangat mengapresiasi usaha dan bantuan Rachmat Gobel untuk memperkenalkan berbagai produk Indonesia, terutama Gorontalo. Produk Gorontalo yang dipajang dan diperkenalkan di Graha Gorontalo mendapat atensi luar bisa. Diantaranya Karawo, Kopi Pinogu Organik, Kue Karawo dan Kopia Karanji.

Sementara itu, ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengaku bangga dan menyambut baik hadirnya Graha Gorontalo di KBRI New Zeland. Bambang berharap fasilitas yang sudah ada ini, kiranya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Ayo manfaatkan KBRI ini untuk memperkuat identitas bangsa, mengangkat kekayaan budaya serta produk-produk unggulan Indonesia dan Gorontalo.” tuturnya.

Pada peresmian Graha Gorontalo ini, Hadir tokoh-tohoh nasional. Diantaranya Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya, Anggota DPR RI Mukhamad Misbakun, Ahmadi Noor Supit, Akbar Faisal, Masinton Pasaribu, Aboe Bakar Alhabsyi, Staf Khusus Ketua DPR RI Yahya Zaini dan Yorrys Raweyai, Pengusaha Rachmat Gobel, Pemimpin Redaksi TV One Karni Ilyas, Musikus Bens Leo, Ketua Forum Pemred Suryopratomo serta masyarakat Indonesia yang tinggal di Selandia Baru. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *