Perempuan Kabgor Peduli Daerah

Rangkaian kegiatan partisipasi generasi muda dari kaum perempuan di Kabupaten Gorontalo, yang mengisi pemilihan nou dan uti di kawasan Pentadio Resort, dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Danau Limboto, kemarin malam. (foto: ayi/PG-2018)

RadarGorontalo.com – Tidak hanya potensi kepariwisataan, namun juga tentang sejarah, budaya, hingga pelestarian lingkungan, menjadi tema atau pembahasan dalam menguji wawasan dan pengetahuan para calon nou dan uti, dalam pagelarannya mengisi Festival Pesona Danau Limboto, yang digelar perdana perhelatannya, Sabtu (22/9) kemarin malam, di panggung budaya kompleks obyek wisata Pentadio Resort.

Dimana, dalam uji wawasan dan pengetahuan tersebut, masing-masing pasangan Nou dan Uti diberikan pertanyaan, tentang segala potensi budaya, kepariwisataan dan pelestarian lingkungan yang tersebar di wilayah Kabupaten Gorontalo (Kabgor). Dan mereka menjawabnya dengan cukup lancar, menandakan bahwa putra-putri di Kabgor ini, benar-benar telah mengetahui dan memahami segala potensi daerah mereka, layak untuk dijaga dan dikembangkan, menjadi aset tersendiri bagi pengembangan kabupaten terbesar di provinsi Gorontalo tersebut.

Yang lebih menarik lagi dari rangkaian kegiatan pentas seni di Pentadio Resort kemarin malam, tidak hanya memperlombakan pemilihan Nou dan Uti saja. Namun ada kaum perempuan Kabgor yang turut menyemarakan kegiatan tersebut, dengan mengikuti lomba ketrampilan dan ketangkasan perorangan maupun duet/grup. Seperti dalam bentuk olah vokalia, tari kreasi baru yang bernafaskan Gorontalo, dan sebagainya. Tidak heran, hal ini menuai harapan dari banyak penonton yang memadati arena pentas seni di Pentadio Resort tersebut.

Bahwa, kelak ketrampilan dan ketangkasan yang menunjukan kekhasan daerah Gorontalo, dalam ragam bentuk kesenian tersebut, lebih dapat dikembangkan dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Agar tidak lekang oleh waktu, dan menjadi kebanggaan tersendiri para putra-putri Gorontalo, dalam menunjukan ragam khas kekayaan budaya Gorontalo. (Ay1)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.