Perda Danau Limboto, Menanti Realisasi

RadarGorontalo.com – ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’. Itulah peribahasa gambaran yang diinginkan oleh jajaran mantan keanggotaan Panitia Khusus (Pansus) yang menggodok Peraturan Daerah (Perda) Danau Limboto, terkait tindaklanjut akan realisasi Perda-nya di lapangan. Dimana, harapan tersebut, sudah sempat diingatkan oleh mantan Ketua Pansus-nya, Chamdi Ali Tumenggung Mayang, langsung kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, dalam rapat paripurna persetujuannya menjadi Perda, beberapa waktu lalu. Agar Perda tersebut, menjadi prioritas ditangani Peraturan Gubernur-nya (Pergub).

Agar sesegera mungkin, ditindaklanjuti realisasinya di lapangan. “Olehnya, sambil menunggu Pergub-nya, minimal sosialisasi khusus akan Perda Danau Limboto ini, sudah harus kita sampaikan ke rakyat banyak, dan para stakeholder terkait. Agar begitu Pergub-nya keluar, masyarakat telah siap menerapkannya.” ungkap Chamdi, kemarin. “Terlebih, sosialisasi di daerah-daerah atau semua kawasan yang berada di hulu-hulu sungai yang bermuara ke Danau Limboto. Intinya, kalau saya bawa anda melihat langsung ke lokasi-lokasi daerah hulu, yang sempat kita (Pansus) kunjungi beberapa waktu lalu, anda pasti akan terkejut dan merasa prihatin. Bahwa, sudah saatnya, Perda Danau Limboto ini, secepatnya diterapkan di lapangan.” papar dia lagi. “Artinya, disisi lain, ‘sedia payung sebelum hujan’. Jangan sampai, nanti setelah ada bencana, seperti banjir dan tanah longsor, baru kita berlomba-lomba membenahinya,” imbuh politisi Partai Demokrat ini.

Dilain pihak pula, Chamdi dan jajarannya mengaku telah siap untuk melakukan sosialisasi terkait telah lahirnya Perda Danau Limboto ini. Seperti sosialisasi akan sejumlah Perda lainnya, yang telah dilakukan oleh Deprov Gorontalo. “Olehnya, kita berharap, jadwalnya sesegera mungkin pula dikeluarkan oleh Biro Hukum, terkait sosialisasi untuk Perda Danau Limboto ini. Sehingga, lebih dini dapat mengantisipasi bakal bencana yang lazim diakibatkan oleh tidak tertanganinya permasalahan di hulu-hulu sungai yang bermuara ke Danau Limboto tersebut,” harap dia. (ay1)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *