Peran BI Dibalik Sukses Karawo di New York

Kepala BI Perwakilan Gorontalo Suryono bersama tiga pegawai BI lainnya, tampil menggunakan karawo saat berpose dengan latar belakang Couture Fashion Week, New York

RadarGorontalo.com – Sebagai sulaman khas Gorontalo, kain kerawang atau Karawo dalam bahasa daerah, kini mulai merambah pasar Internasional, setelah tampil memukau di Couture Fashion Week di New York belum lama ini. Tentunya ini tak lepas dari peranan besar Bank Indonesia perwakilan Gorontalo, yang sejak awal sangat fokus dalam membesarkan nama karawo, hingga akhirnya mulai dikenal masyarakat dunia.

Siapapun tak bisa membantah, kalau faktanya sejak karawo mendapat sentuhan Bank Indonesia di tahun 2011 lewat program klaster, kerajinan sulaman kain itu terus mengalami perkembangan. Tak cuma makin dikenal masyarakat, pasar karawo pun mulai merambah level nasional. Fasilitasi dalam menadpatkan bantuan permodalan dari perbankan, gelaran iven untuk membantu promosi, hingga pelatihan-pelatihan bagi pengrajin, untuk mendorong peningkatan kwalitas, adalah sedikit dari banyak hal yang dilakuka BI untuk pengembangan Karawo.

Alhamdulillah, perjalanan panjang untuk mengenalkan karawo agar bisa mendunia, titik terangnya mulai terlihat saat Rumah Karawo salah satu binaan BI mendapat kesempatan tampil di Indonesia Fashion Week. Tak cuma disitu, keunikan karawo juga mendapat tempat untuk tampil di salah satu pagelaran busana dunia, yakni Couture Fashion Week di New York.

Dengan mengusung tema musim gugur, busana buatan kelompok pengrajin binaan BI yakni rumah karawo pimpinan Agus Lahinta berkerja sama dengan salah satu desainer Gallery of Indonesia yakni Yurita Puji Agustiani, berhasil memukau seluruh hadirin yang hadir. “sudah ada 10 buyer (pembeli,red) tetarik dan menyatakan kesiapan mereka untuk berinvestasi” kata Kepala BI Perwakilan Gorontalo Suryono, dalam konfrensi persnya, Kamis (14/9).

Suryono yang didampingi sejumlah pejabat BI lainnya, sempat menceritakan suka duka perjalanan mereka ke New York Amerika Serikat, saat membawa tim dari Gorontalo, yang akan tampil di New York Fashion Week. Dijelaskannya, Couture adalah salah satu pagelaran fashion yang bernilai tinggi, karena keunikannya. Harapannya, lewat iven ini karawo semakin dikenal banyak orang.

Bagaimana soal kesiapan produksi jika permintaan membludak? menjawab ini, Suryono mengaku sudah membicarakan ini lebih jauh dengan KJRI dan BI perwakilan New York. Dan tak kalah pentingnya selain kesiapan produksi adalah kwalitas bagaimana mengaplikasikan selera orang Amerika ke sulaman karawo.

Dalam kesempatan yang sama, Suryono tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, yang senantiasa memberi dukungan sekaligus memiliki semangat yang sama untuk menjadikan karawo mendunia. Tak cuma itu, Suryono juga menghimbau kepada para pejabat, untuk ikut mengkampanyekan karawo dengan cara menggunakannya dalam setiap iven resmi. Baik itu acara pemerintah ataupun bukan. Menurutnya, perkembangan karawo saat ini, tak cuma menjadikan karawo makin dikenal, disisi lain hal ini juga sudah mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi para pengrajinnya.

Sementara itu menambah penjelasan, Akhmad Kosasih dari BI Perwakilan Gorontalo mengatakan, sebagai bagian dari promosi karawo, rencananya untuk Festival Karawo pihaknya akan menghadirkan undangan dari luar, seperti jember fashion karnaval, Bandung karnaval dan lainnnya, untuk ikut meramaikan festival karawo yang rencananya digelar 25 Desember mendatang, sebagai rangkaian dari ulang tahun Provinsi Gorontalo.

Pihaknya juga sudah berkerjasama dengan sejumlah pelaku usaha, salah satunya mereka yang tergabung dalam ASITA untuk ikut mensukseskan iven tahunan tersebut. Karena menurutnya, festival karawo tak cuma memperkenalkan karawo itu sendiri, tapi disisi lain juga memperkenalkan segala potensi wisata yang ada di Provinsi Gorontalo. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.