Penyuluh KB Diambil Alih Pusat

Penandatanganan berita acara pengalihan tanggungjawab PKB/PLKB daerah, yang dilakukan Sekretaris Utama BKKBN RI Nofrijal, Jumat kemarin.(Abink/rg)

RadarGorontalo.com – Mulai Januari tahun 2018, penyuluh KB (PKB) dan Penyuluh Lapangan KB (PLKB), akan dialihkan ke pemerintah pusat. Secara nasional penyuluh KB sejumlah 15.458 orang, sementara khusus untuk wilayah Gorontalo berjumlah 146. Hal ini selain wujud dari implementasi Undang-undang (UU) no 23 tahun 2014, tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017, ungkap Sekretaris Utama BKKBN RI Nofrijal, pada penandatanganan berita acara serah terima PKB dan PLKB se Provinsi Gorontalo di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Jumat (28/7).

“Setelah tertunda dalam jangka waktu yang cukup lama, akhirnya pelaksanaan penandatanganan berita acara ini bisa dilakukan. Disisa waktu tahun 2017 ini, berkaitan dengan kepegawaian dan hak-hak keuangan penyuluh, masih dibebankan ke Pemda. Nah, berdasarkan amanat pasal 119 ayat 03 PP nomor 18 tahun 2016, Pemda masih mempunyai kewajiban untuk menyediakan biaya operasional PKB dan PLKB. Kalau soal gaji, dialihkan ke pemerintah pusat,” jelas Nofrijal.

Meski tanggungjawab mulai dari kepegawaian sampai dengan penggajian PKB/PLKB di daerah, 2018 nanti dialihkan ke pemerintah pusat. Tidak menghilangkan kewajiban Pemerintah Daerah untuk memenuhi anggaran operasional setiap PKB/PLKB. Upaya yang dilakukan BKKBN RI ini, tak lain membantu Pemda untuk mengoptimalkan peran penyuluh melaksanakan program kerja mereka. “Hanya tanggungjawab saja yang dialihkan, sementara assetnya tetap milik masing-masing Pemda. Semoga alih kelola PKB/PLKB ini, adalah awal bagi semua pihak untuk dapat merumuskan kebijakan yang dibutuhkan, berkaitan dengan alih kelola PKB/PLKB dari status ASN Pemda, menjadi ASN BKKBN pusat,” terangnya. Diketahui kegiatan ini dihadiri masing-masing kepala daerah Kabupaten/Kota, serta Assiten Bidang Pemerintaha Daerah Provinsi Gorontalo. Jajaran petinggi BKKBN RI, serta ratusan penyuluh kabupaten/kota.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.