Pendaftaran Caleg Sepi

Tempat pendaftaran Caleg yang telah disediakan KPU Provinsi, sejak kemarin. (foto: ayi/RG-2018)

RadarGorontalo.com – Pendaftaran Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari partai politik (parpol) untuk kursi DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo periode 2019-2024, pada hari pertama yang dibuka oleh KPU Provinsi Gorontalo, sejak Rabu (4/7), terlihat sepi. Dimana, dari 16 kontestan parpol peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, belum satu pun yang memanfaatkan hari pertama pendaftaran calegnya. “Belum ada satupun (parpol), yang mendaftarkan caleg-nya,” ungkap sejumlah petugas di kesekretariatan KPU Provinsi. kemarin.

Dari tahapan yang telah disusun KPU, untuk masa pendaftaran caleg dibuka sejak kemarin, hingga tanggal 17 Juli mendatang. “Dari tanggal 4 hingga 16 Juli, pendaftarannya dibuka sesuai jam kerja, dari pagi, hingga pukul 16.00 WITA sore. Dan, di hari terakhir nanti, 17 Juli, dibuka hingga pukul 00.00 WITA malamnya.” ujar dua komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Hendrik Imran dan Sofyan Rahmola.

Dari persyaratan pencalonannya sendiri, setiap caleg diharuskan membekali sejumlah syarat pencalonan. Diantaranya, dari tes kesehatan, yang meliputi jasmani, rohani, dan narkoba. Lalu, Surat Keterangan Pengadilan, seperti tidak sedang menjalani, atau tersangkut pidana atau kasus hukum. Kemudian, turut pula dimintakan memasukan Laporan Hasil Kekayaan. Hingga syarat lainnya, berupa status calon itu sendiri, tidak lagi aktif sebagai PNS, TNI/Polri. (rg-28)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *