Penambang Tewas Tertimbun Tanah

lokasi tambang emas Desa Bulangita Kecamatan Marisa

RadarGorontalo.com – Penambang Emas Pohuwato Saleh Ibrahim (42) warga Desa Bulangita Kecamatan Marisa Selasa kemarin (10/7), tewas tertimbun di lokasi tambang emas Desa Bulangita Kecamatan Marisa.

Informasi yang dihimpun Radar, kronologisnya bermula Selasa kemarin sekitar pukul 11.00 WITA Saleh bersama bersama tiga rekannya tengah beraktivitas di lokasi tambang Bulangita. Sebelum peristiwa naas itu terjadi, rekan korban Hardin sempat menyarankan dan mengajak korban agar beristirahat dulu untuk makan siang. Sayangnya saran dari rekannya itu tidak dihiraukan. Tak lama kemudian Hardin pergi dan tak berselang lama tiba-tiba terdengar bunyi reruntuhan tanah. Hardin kemudian langsung mengeceknya dan ternyata korban sudah tertimbun tanah. Ia pun langsung berteriak minta tolong untuk menyelamatkan nyawa korban namun. Namun upaya itu sia-sia karena korban sudah meninggal dunia. Setelah insiden tersebut, pihak kepolsian Polsek Marisa langsung turun ke TKP dan memasang police line.

Kepada Radar, Waka Polres Pohuwato Kompol Vondy Mawitjere mengatakan, pihaknya sudah berupaya terus melakukan pembinaan kamtibmas berupa sosialisasi menyangkut aturan perundang-undang melakukan penambangan, tentang perizinan dan juga tentang resiko kegiatan penambangan. “Rencana kita kedepan akan melakukan sosialisasi secara masif dan bekerja sama dengan pemerintah daerah,” kata Kompol Vondy.

Sementara itu, menyikapi insiden tersebut Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menyampaikan, bahwa pemerintah daerah akan mengambil langkah serius dan secepatnya akan menggelar pertemuan dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Sebab menurut Syarif, insiden tersebut bukan hanya sekali terjadi tapi sudah berulang kali. “Saya langsung menyampaikan ke Pak Kapolres saatnya Forkopimda duduk bersama. Karena memang berada di lokasi yang tidak dibenarkan, rawan terhadap longsor, kecelakaan dan sangat dekat dari pemukiman penduduk,” ungkap Bupati Syarif. (RG-58)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *