Pemprov Tidak Rugi, Pajak Pertalite Capai Rp 21 M

RadarGorontalo.com – Pemerintah Provinsi Gorontalo, melalui Kaban Keuangan Drs Sutan Rusdi, memberikan klarifikasi terkait penilaian anggota Banggar Deprov yang mengatakan bahwa Pemprov Gorontalo mengalami kerugian pajak BBM jenis Pertalite. Kepada Radar Gorontalo, Sutan menjelaskan bahwa pendapatan pajak dari BBM jenis Pertalite untuk tahun 2017 ini, bukan Rp 10 milyar seperti yang diungkap oleh anggota Banggar, Firman Sunge dimedia ini, kemarin. Namun, pendapatan pajak dari Pertalite adalah sebesar Rp 21.199.445.531. Sedangkan pendapatan pajak dari seluruh jenis BBM yang diterima pemprov dari PT Pertamina selaku wajib pungut selama tahun 2017 adalah sebesar Rp 48.750.777.063.

“Khusus BBM jenis pertalite ini hanya PT Pertamina yang boleh menyalurkannya sampai sekarang, tidak boleh perusahaan lain. Untuk itu, pendapatan dari pajak BBM ini diperkirakan sampai dengan akhir Desember akan mencapai Rp 62.562.287.665, 69 dan melebihi dari target dalam APBD yakni sebesar Rp 60.547.810.480. Jadi jumlah pajak BBM-KB yang telah disalurkan oleh 19 SPBU di Provinsi Gorontalo selama tahun 2017 yakni sebesar Rp 63 milyar, seperti yang diungkapkan AW Thalib, Insyaa Allah akan tercapai,” tambah Rusdi.

Dijelaskan pula, bahwa selama ini terkait pengawasan atas pendistribusian BBM ini, telah dilakulan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas (BPH Migas) dan terus dilakukan rekonsiliasi secara transparan serta terjadwal setiap tiga bulan sekali dengan pemerintah dan instansi terkait, sehingga Rusdi menegaskan bahwa penilaian Banggar Deprov bahwa pendapatan pajak dari BBM tidak sebanding dengan penggunaannya di lapangan, belum ada bukti yang mendukung pernyataan tersebut.

Diketahui, seperti diberitakan pada edisi kemarin, bahwa Pemprov Gorontalo dinilai mengalami kerugian karena pajak pertalite hanya sebesar Rp 10 miliar/tahun. Bahkan pihak Banggar merekomendasikan ke Pemprov, untuk membentuk tim khusus, terkait penerimaan pajak dari sektor BBM jenis pertalite. Karena, disisi lain, hasil dari pajak BBM ini, peruntukannya bukan untuk kas Pemprov semata. (rg-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.