Pemprov Pinjam Helikopter dan Hercules, Misi Pulangkan Warga Gorontalo

RUSLI HABIBIE

RadarGorontalo.com – Gorontalo adalah provinsi terdekat, yang bisa dimintai bantuan untuk menolong para korban bencana alam di Sulawesi Tengah. Selain mengirimkan bantuan berupa logistik makanan dan minuman, serta kebutuhan lainnya, Pemprov juga memiliki misi untuk memulangkan warga Gorontalo yang selamat dari bencana, dan masih berada di pengungsian.

Pemprov pun menyurat ke Panglima TNI, untuk meminta bantuan sarana berupa helikopter dan pesawat hercules untuk memudahkan evakuasi dan pengiriman bantuan. Dalam surat resmi pemprov kepada Panglima TNI yang sempat beredar, Pemprov menyebutkan tujuan peminjaman helikopter dan pesawat hercules. Yakni, untuk memudahkan proses penangkutan bantuan dari Gorontalo ke Palu, dan sebaliknya mengangkut warga Gorontalo yang masih ada di Palu dan Donggala.

Bahkan dalam surat tersebut disebutkan, jumlah personil gabungan, yakni TNI, P

Olri, Basarnas, Tim Medis, BPBD, PMI, Dinsos, DLH, PU serta relawan yang sudah lebih dulu bertolak ke Palu, yang jumlahnya 350 orang.  Sementara itu, hingga kemarin masyarakat Gorontalo terus bergerak mengumpulkan bantuan apa saja, mulai dari makanan, air minum, hingga pakaian untuk disumbangkan ke lokasi bencana.

Tak cuma dijalanan, masjid-masjid hingga kantor desa pun membuka posko-posko untuk menerima bantuan dari warga. Terlihat semua warga begitu antusias memberikan bantuan semampu mereka, dengan harapan bantuan itu bisa meringankan para korban bencana. Bahkan, dalam waktu dekat, rencananya Gubernur Rusli Habibie akan bertolak ke Palu, guna melihat kondisi bencana termasuk menyapa warga Gorontalo yang selamat dari musibah dan berada di pengungsian. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.