Pemprov Petakan Ketahanan dan Kerawanan Pangan

Wagub Idris Rahim

RadarGorontalo.com– Pemerintah Provinsi Gorontalo meluncurkan Food Security and Vulnerability Atlas atau Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan. Peta yang berisi informasi ketahanan pangan Provinsi Gorontalo tahun 2018 diluncurkan oleh Wakil Gubernur Idris Rahim.

“Tugas pemerintah untuk menyediakan pasokan pangan yang cukup untuk masyarakat, agar rawan pangan dan gizi buruk dapat diminimalisir yang penanganannya harus didukung oleh informasi yang akurat, komprehensif, serta tertata dengan baik,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris menuturkan, penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 Tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut mengamanatkan pemerintah berkewajiban membangun, menyusun, dan mengembangkan sistem informasi pangan dan gizi yang terintegrasi, yang dapat digunakan untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi, stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta sebagai sistem peringatan dini terhadap masalah kerawanan pangan dan gizi.

“Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan ini mutlat diperlukan agar potret ketahanan dan kerentanan pangan dapat digambarkan secara akurat dan menggambarkan kondisi dan fakta terbaru yang dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan,” pungkasnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *