Pemprov Gunakan Aplikasi e-Arsip


==Sekdaprov Darda Daraba dihadapan peserta kegiatan Penyerahan aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo

RadarGorontalo.com – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan, dalam pemerintahan arsip sangat dibutuhkan terutama dalam menghadapi persoalan-persoalan hukum, sebagai bahan laporan dan sebagai sumber informasi. Untuk itu, aplikasi e-arsip ini harus digunakan sebaik mungkin dalam pengelolaannya sesuai ketentuan perundang-undangan berlaku karena ini sudah menggunakan sistem.

“Saya sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh ANRI melalui e-Arsip. Aplikasi ini nantinya diharapkan pelayan kerasipan lebih mudah dan akurat,” kata Darda pada penyerahan aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Darda mengatakan dalam rangka menuju tertib arsip, OPD harus meninjau kembali dokumen-dokumen yang tersimpan. Sejak Provinsi Gorontalo terbentuk hingga sekarang apakah sudah tertata dengan baik atau tidak. “Jika belum maka ini saatnya untuk melakukan pembenahan-pmbenahan di lemari-lemari maupun di tempat penyimpanan dokumen arsip.

Saya berharap Dinas Kearsipan dan Perpustakaan selaku lembaga kearsipan daerah untuk merencanakan kegiatan pendampingan pengelolaan dan penataan arsip secara berkala agar proses penyimpanan arsip dapat terkontrol setiap saat, dan ini wajib didukung oleh kepala-kepala OPD,” ungkapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman menjelaskan, bahwa arsip adalah asset dalam bentuk dokumen yang sangat penting. Untuk aplikasi sistem informasi arsip dinamis atau SIKD adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Instansi/Lembaga.

Penggunaan aplikasi ini diharapkan akan mempermudah mengelola kembali arsip yang dimiliki. “Arsip ini memiliki big data yang luar biasa sehingga dalam pengelolaannya sudah harus menggunakan aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.