Pemprov Gorontalo Siapkan Penjara Baru

Gubernur Rusli Habibie menemui Menkumham Yasonna Laoly, di kantor Kementerian Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta, Rabu (6/9)

RadarGorontalo.com – Sudah lama kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Donggala sungguh memprihantinkan. Hal tersebut disebabkan karena semua gedung Lapas tersebut over kapasitas. Dari 200-an kapasitasnya, kini ditempati 600 hingga 700 warga binaan.

Sejak dilantik menjadi Gubernur Gorontalo, salah satu yang menjadi kegelisahaan Rusli Habibie mengatasi masalah tersebut, dengan membangun Lapas yang baru. Nah, sebagai bentuk keseriusannya dibawah kepemimpinannya di periode pertama, Pemprov telah membebaskan 8 hektar lahan di Kelurahan Hutuo, Kabupaten Gorontalo. “Alhamdulillah kita sudah punya 8 hektar tanah, sehingga tinggal ditambah 2 hektar lagi,” kata Rusli Habibie, ketika diwawancarai Radar usai menemui Menkumham Yasonna Laoly, di kantor Kementerian Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta, Rabu (6/9).

Rusli menjelaskan, karena sejak dibebaskan lahan tersebut namun belum ada tanda-tanda untuk dibangun, maka pihaknya berinisiatif bertemu Menteri. “Dan ternyata pak Menteri minta partisipasi daerah, seperti beliau mencontohkan di Bekasi. Dimana pemerintah Bekasi membangun Lapas atas persetujuan dan ijin Mendagri, untuk mengunakan DAU,” ungkap Rusli menambahkan.

Setelah mendapat saran dari Menteri Yasonna ini, Rusli berjanji akan menjadikan ini contoh apalagi regulasinya memungkinkan, maka insya Allah lewat APBD 2018 kita akan bangun Lapas, minimal pagar dulu. “Untuk kekurangan lahan 2 hektar, nanti saya perintahkan SKPD terkait untuk segera mengurusnya,” tutup Rusli Habibie. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.