Pemprov Bantu Evakuasi Warga Keluar Palu

Gubernur Rusli Habibie saat memimpin rapat koordnasi yang berlangsung dirumah jabatan gubernur, kemarin (f.hms)

RadarGorontalo.com – Pemerintah daerah Gorontalo, baik pemprov maupun pemda kabupaten/kota bergerak cepat. Belum stabilnya situasi di Kota Palu dan sekitarnya, mendesak warga Gorontalo yang bermukim di daerah itu, ingin keluar secepatnya. Dengan menggunakan berbagai kendaraan, mulai dari bus besar hingga minibus, proses evakuasi pun dilakukan.

Selasa (2/10) malam, sedikitnya 42 korban gempa selamat, telah tiba di Kabupaten Pohuwato, menumpang bis asal Pohuwato. Mereka diterima oleh Wabup Amin Haras beserta jajaran. Ucapan bela sungkawa disampaikan di hadapan para korban. 42 korban yang selamat itu adalah mahasiswa berasal dari Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo serta beberapa orang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara yang tengah mengikuti pelatihan guru sebelum musibah itu terjadi.

Wabup Amin mengatakan, ini pemerintah daerah belum mengetahui secara pasti kondisi warga Pohuwato yang berada di Sulawesi Tengah pada saat musibah itu terjadi. “Sampai saat ini kami belum mengetahui pasti sebagian warga Pohuwato yang disana baik yang meninggal, yang hidup dan sebagian anak-anak mahasiswa belum diketahui keberadaannya ,” ujar wabup.

Sementara itu pemerintah Provinsi sendiri berencana, akan memulai proses evakuasi warga keluar dari Palu, pada hari ini. “Menyahuti kenginan masyarakat Gorontalo yang ada di Palu untuk dievakuasi, maka kita akan bawa ke sini untuk bertemu keluarganya. Tadinya kita rencanakan hari Sabtu, pak Kapolda putuskan kalo sudah siap hari ini kita berangkatkan dari sana.

Paling lambat besok Kamis,” ujar Gubernur Rusli Habibie, usai menggelar pertemuan dengan Forkopimda dan OPD terkait, Rabu (3/10) kemarin dirumah jabatan gubernur. Sementara itu, Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmad Fudail mengungkapkan, saat ini kendaraan operasional Polda Gorontalo sudah berada di Palu. 13 unit bus tersebut sebelumnya sudah mengangkut personil yang diperbantukan di lokasi gempa.

Bagi warga Gorontalo di Palu yang ingin dievakuasi diminta untuk mendaftar di posko pengusian yang berada di halaman kantor Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah. Mereka diminta mengisi identitas diri, dan keluarga yang akan dituju saat berada di Gorontalo. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.