Pemprov Alokasikan Anggaran TPU Kota Gorontalo

Rusli Habibie saat menemui warga
Rusli Habibie saat menemui warga

RadarGorontalo.com – Rusli hampir lupa. Salah satu janjinya saat kampanye 2011 silam, adalah menyediakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi masyarakat Kota Gorontalo, agar tidak ada lagi masyarakat yang menguburkan keluarganya di halaman rumah, baik depan maupun belakang bahkan ada yang disamping dibawah jendela kamar. “Alhamdulillah Pemprov sudah mengalokasikan anggaran TPU Kota Gorontalo, lengkap dengan mobil jenazahnya. Tujuan saya agar tidak ada lagi masyarakat yang menguburkan keluarganya di halaman rumah,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Lewat program kerya nyatanya juga, Gubernur menjelaskan bahwa TPU hingga pelayanan mobil jenazah itu semuanya gratis alias tak dikenakan pungutan serupiah pun. “Semua gratis hingga mobil jenazah,” ungkapnya menjelaskan. Sedikitnya menurut Rusli, tahun ini Pemprov Gorontalo telah mengalokasikan anggaran sebesar 1 miliar rupiah untuk pembebasan lahan yang nantinya menjadi TPU Kota Gorontalo. Soal lokasinya kata Gubernur, pihak Pemprov akan berkoordinasi dengan pemerintah Kota Gorontalo. “Soal anggaran, aman,” kata Rusli menjamin.

Sementara itu, program Pemprov untuk menyediakan TPU lengkap dengan mobil jenazah bukan kali ini dilakukan. Sejak Rusli dilantik jadi gubernur, Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) dibeberapa daerah seperti Sulut, Sulteng dan sejumlah daerah lain sudah mendapat bantuan/hibah TPU lengkap dengan mobil jenazah. Program ini berawal dari setiap Gubernur Rusli Habibie silaturrahim dengan KKIG, keluhan orang-orang Gorontalo di rantau rata-rata adalah sulitnya mendapatkan lahan pekuburan. Bahkan kata Gubernur, ia pernah menerima curhatan warga Gorontalo di rantau hingga rela membayar jutaan rupiah hanya untuk lokasi pekuburan keluarganya. Dari masukan/keluhan inilah Gubernur Rusli Habibie memprogramkan pembebasan lahan TPU kengkap dengan mobil jenazah secara gratis. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.