Pemkab Gorut – TNI Kerja Sama Tingkatkan Produksi Pertanian

Wabup Drs.Hi.Roni Imran bersama Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito pada Sertijab Danbrig Inf 22 Ota Manasa.

RadarGorontalo.com – Wakil Bupati Drs.Hi.Roni Imran mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara dan TNI terus meningkatkan kerja sama khususnya di sektor pertanian yang terfokus pada peningkatan produksi pangan. Wakil Bupati yang populer disapa HR ini mengungkapkannya usai mengikuti serah terima jabatan (sertijab) Komandan Brigade Infanteri 22/Ota Manasa dari Kolonel Inf Putra Widiastawa ke pejabat baru Letkol Inf Marzuki di Mako Brigif 22/Ota Manasa di Desa Popalo, Kecamatan Anggrek.

Wabup mengatakan, kerja sama Pemkab dan TNI dalam menyukseskan keberhasilan di sektor pertanian terbukti mampu meningkatkan produksi pangan di daerah ini, diantaranya produksi beras dari rata-rata 4,5-5,5 ton per hektare menjadi 6,7-7 ton per hektare per tahun. Diantaranya melalui pengawasan penyaluran bibit dan pupuk, serta alat dan mesin pertanian (alsintan) yang sangat diperlukan petani di daerah ini. Diakui Wabup, 50 persen areal pertanian di wilayah ini dikuasai oleh masyarakat atau petani namun dukungan TNI dalam upaya pemerintah daerah untuk peningkatan produksi sangat berhasil. “Petani sangat diuntungkan, pemerintah daerah pun berhasil mengintervensi petani dengan transparan dan tepat sasaran berkat dukungan TNI melalui pengawasan secara langsung,” ujarnya.

Hal penting yang akan dilakukan pemerintah daerah saat ini yaitu pengawasan distribusi produk-produk pertanian, agar harga pasarannya tidak anjlok. Kondisi tersebut pun sangat mengharapkan dukungan dari pihak TNI, agar petani bisa menikmati hasil dengan harga yang baik dan menguntungkan mereka. “Tidak ada campur tangan tengkulak, sehingga petani dipastikan sejahtera mengingat harga produk-produk pertanian yang terjada dengan baik,” ujar Wabup. Sementara itu, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito mengatakan, pihaknya mendapat kepercayaan sangat besar dari pemerintah untuk berkontribusi dalam peningkatan sektor pertanian, diantaranya pembukaan 5 ribu hektare lahan pertanian di tahun ini untuk tiga provinsi yang dibawahinya, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Olehnya, kontribusi itu akan diwujud nyatakan dengan baik oleh pihak TNI, dalam peran nyatanya kepada masyarakat. (rg-51)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *