Pemilih Bingung, Pencoblosan Kurang Sosialisasi

Salah seorang pemilih yang masih bingung, tata cara pencoblosan di Pilwako.

RadarGorontalo.com – Masih ada masyarakat yang tidak mengetahui tatacara pencoblosan. Buktinya, salah seorang pemilih di TPS 003, Kelurahan Dulalowo, Kecamatan Kota Tengah, kemarin, masih bertanya pada KPPS, cara melakukan pencoblosan. “Mo coblos ini di sabla mana? ” tanya salah seorang pemilih sambil membuka kertas suara dari bilik suara.

Mendengar pertanyaan pemilih dari bilik suara, sontak membuat KPPS di TPS 003, itu kaget. Meskipun suasana saat itu sempat hening, namun salah seorang petugas meladeni pertanyaan pemilih tersebut. “Terserah mo coblos di bagian mana, terpenting jangan keluar dari kolom. Bisa di nomor urut, bisa juga di foto calon,” jawab salah seorang petugas.

Kurangnya sosialisasi pada pemilih, terhadap tata cara pencoblosan, membuat masyarakat kebingungan saat melakukan pencoblosan di dalam bilik suara. Meskipun cara pencoblosan, tidak berubah dari tahun-tahun kemarin.

Melihat kondisi ini, mengharuskan KPU Kota Gorontalo, bekerja ekstra untuk melakukan sosialisasi. Apalagi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, ada 5 kertas suara yang harus di coblos oleh pemilih. Khawatirnya, kurangnya pemahaman pemilih dalam melakukan pencoblosan, akan membuat kertas suara rusak. (rg-60)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *