Pemerintah Berupaya Kembalikan Fungsi Danau Limboto

Peserta lomba sedang berpacu membersihkan eceng gondok dikawasan Danau Limboto

RadarGorontalo.com – Kondisi Danau Limboto, kini sudah cukup kritis sehingga menjadi perhatian pemerintah pusat. Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan dalam untuk mengembalikan Danau Limboto seperti semula, mengingat degradasi di Danau Limboto mengalami penurunan khususnya untuk daya dukung lingkungan.

Secara ekologis Danau Limboto merupakan habitat dari berbagai biota air, juga berfungsi sebagai pengendali banjir, dan secara ekonomi Danau Limboto merupakan sumber mata pencaharian petani dan nelayan disekitarnya dan juga sebagai sarana transportasi dan pariwisata.

“Saat ini Danau Limboto sangat dipertimbangkan untuk menjadi salah satu danau stategis ditingkat Nasional. Sehingga Danau Limboto menjadi akses baik kita ditingkat Nasional, dimana Danau Limboto adalah satu-satunya ekosistem kita yang ada di Provinsi Gorontalo,” kata Sekdaprov Winarni Monoarfa, pada kegiatan Bersih Gulam Danau Limboto, kemarin. Dikatakan, akan menjadi kerugian yang besar bagi Provinsi Gorontalo ketika Danau Limboto ini punah, karena fungsi ekologisnya yang tidak bisa digantikan oleh apapun.

Untuk itu, tambah Winarni, komitmen dari semua pihak harus terus dilakukan. “Memang dalam hal ini, anggaran dari pemerintah masih sangat terbatas, tetapi upaya upaya dan program-program yang kita usulkan, Alhamdulillah sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat kami terus berupaya untuk memperjuangkan Danau Limboto masuk dalam kawasan danau kritis, dan Alhamdulillah pada rapat koordinasi nasional pada saat itu, Danau Limboto masuk dalam 15 kawasan danau kritis,” pungkasnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *