PDIP Lebih Suka Petahana

Marten Taha – Indra Yasin

RadarGorontalo.com – PDIP tak mau lagi salah pilih figur di dua pemilihan kepala daerah nanti. Kalau melihat serangkaian wacana terakhir, sepertinya PDIP akan menambatkan pilihannya ke figur petahana, baik di Pilwako maupun Pilbup Gorut. Bahkan khusus Gorut, Kris Wartabone terang-terangan mengatakan, kalau PDIP sepertinya akan mendukung Indra Yasin.

Saat menghadiri Rakercab PDIP Boalemo, belum lama ini, Kris mengatakan, pada dasarnya PDI Perjuangan akan mengusung kader maupun figur yang saat ini telah menyatakan diri untuk siap maju bersama partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini. Khusus untuk sikap politik PDI Perjuangan pada Pilkada Gorut, Kris menyatakan peluang besar berada pada figur incumbent, Indra Yasin. “Kami (PDI Perjuangan) masih menunggu hasil survey dan keputusan dari DPP. Kami tidak ingin mendahului keputusan DPP, akan tetapi khusus untuk Pilkada Gorut sendiri, peluang besar itu pak Indra Yasin. Walaupun ini belum menjadi sebuah keputusan, masih berproses,” kata Kris.

Sedangkan untuk Pilwako sendiri, Kris mengemukakan bahwa semua figur yang mendaftarkan diri untuk maju melalui PDI Perjuangan memiliki peluang yang sama. “Untuk Pilwako juga sama peluangnya. Ada pak Syarifuddin Mosii, ada tokoh lain seperti pak Marten Taha dan lainnya. Semua berpeluang yang sama. Tergantung hasil fit and propertest dan peluang pendekatan dari masing-masing kandidat kepada DPP. Karena yang memutuskan semua adalah team force yang dibentuk oleh DPP, yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun,” tukas Kris, yang mengaku menargetkan kemenangan satu diantara dua daerah yang menggelar pilkada di Gorontalo.

UJI KELAYAKAN

Ketua DPC PDIP Kota Gorontalo Ariston Tilameo menuturkan, selain dirinya dan enam balon Pilwako Gorontalo dan Pilkada Gorut yang akan ikut fit and proper test ini, bersama seluruh balon kada dari berbagai daerah. Hasil ujian ini akan menjadi penentu terbitnya rekomendasi DPP atas calon yang diusung PDIP. “Meski sebagai kader PDIP, saya sendiri belum tahu siapa yang akan diusung PDIP, karena masih ada tahap survey juga,” ujarnya ditemui Rabu kemarin di ruang kerjanya.

Uji kelayakan dan kepatutan ini, tidak hanya dihadiri para calon, tapi juga tim verifikasi dari DPC masing-masing daerah sebagai mendampingi. “Tim verifikasi penjaringan dari masing-masing kabupaten/kota, juga hadir mendampingi calon-calon yang mengikuti fit and proper test, agar dapat menggali secara perinci latar belakang dan rekam jejak tiap calon,” tutup Ariston.(rg-59/rg-62)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *