PAW Aleg Pindah Parpol, KPU: Tergantung Partai

ilustrasi (Anwart/RG)

RadarGorontalo.com – Dalam aturan, Pergantian Antar Waktu (PAW) di keanggotaan legislatif DPRD, paling lambat dilakukan di 6 (enam) bulan, sebelum sisa masa jabatan dari periode keanggotaan anggota legislatif (aleg) yang bersangkutan, akan berakhir.

Misalnya, keanggotaan DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo periode 2014-2019, yang dilantik 9 September 2014 silam. Maka, jika dihitung mundur enam bulan dari 9 September 2019, PAW masih bisa dilakukan paling lambat 9 Maret 2019 di parlemen Puncak Botu tersebut. “Enam bulan masih dibolehkannya PAW sisa masa periode berakhir itu, paling terakhir dihitung pada tanggal 9 Maret 2019 tersebut, untuk keanggotaan di Deprov. Artinya, yang dibolehkan pada hari itu, tinggal proses rapat paripurna pelantikan PAW yang bersangkutan.” ujar dua komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Ahmad Abdullah dan Maspa Mantulangi, belum lama ini. “Olehnya, untuk proses pengajuan kelengkapan administrasi dan sebagainya, diharapkan telah dari jauh-jauh hari sudah dilakukan pengurusannya, termasuk sudah harus membekali ketetapan atau SK PAW dari Kemendagri,” imbuh dua komisioner senior di lembaga penyelenggara pemilu di provinsi Gorontalo ini.

Ditanya, bagaimana bila ada keanggotaan DPRD yang aktif saat ini, pindah partai politik (parpol) atau menjadi kader parpol lain? Ahmad dan Maspa, menjelaskan, bahwa selain mengacu pada tahapan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang akan dikeluarkan oleh KPU, hal itu turut bergantung pula pada parpol tempat anggota DPRD aktif itu bernaung. “Artinya begini, bila di DCT, anggota DPRD aktif itu, misalnya dari parpol A, telah masuk namanya menjadi caleg (calon anggota legislatif) di parpol B. Maka, kita (KPU) baru bisa memproses PAW-nya, jika sudah diusulkan oleh parpol A. Selama usulan PAW-nya belum dilakukan oleh parpol A, KPU tidak bisa memproses PAW-nya.” jelas keduanya, senada. (rg-28)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *