Paus Orca Muncul secara Periodik di Teluk Tomini

Paus orca yang dibebaskan nelayan gorontalo saat tersangkut di jaring beberapa waktu lalu (istimewa)

RadarGorontalo.com – Kemunculan paus Orca di wilayah perairan kabupaten Bone Bolango, sudah diamati Peneliti paus Orca, Verrianto Madjowa, sejak setahun silam. Empat kali kemunculan paus Orca yang dilihat warga baru-baru ini, juga pernah terjadi pada sekitar Februari hingga Mei 2017. (Baca juga: Paus Orca Kembali Terlihat di Taludaa)

Ini mengindikasikan, kemunculan paus Orca, terjadi secara periodik, terjadi dalam periode satu tahun. Menurut Verrianto, hal ini masih akan diteliti lanjut. “Masih sementara diteliti, apakah ini pola migrasi ataukah paus pembunuh ini, residen/menetap sementara di bulan-bulan tertentu di Teluk Tomini,” kata mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Kelautan dan Perikanan UNG ini.

Sebelumnya, sebagaimana dilansir ANTARA pada Kamis (31/5/2018), bahwa sejak Januari hingga Mei 2018, paus Orca empat kali terlihat oleh nelayan di perairan kabupaten Bone Bolango. Kemunculan paus pembunuh ini, sempat disaksikan Arfan Ali, nelayan dari desa Botubarani.

Pengakuan Arfan, ia melihat 3 ekor paus pembunuh itu, pada 26 Maret 2018 lalu, tak jauh dari lokasi wisata Hiu Paus, saat sedang membawa dua turis macanegara dan seorang guide. Ia juga mengaku, pada 22 Mei lalu, tiga paus Orca, dua berukuran besar dan satu berukuran 3 meter, terlihat lagi.

Mengenai hal ini, Verrianto mengungkapkan, kemunculan mamalia laut di perairan Gorontalo terjadi pada bulan Februari, Maret, dan Mei. “Di Botubarani, paus pembunuh ini menyusur di pinggiran pantai berjarak 350 meter dari pasang tertinggi. Tanggal 22 Mei tiga paus pembunuh melintas di Botubarani,” ungkap Verrianto.

Paus pembunuh (dalam nama lokal Paupausu) itu, juga terlihat pada 26 Maret 2018, yakni tiga paus terlihat di Botubarani dan Kurenai. “Sementara pada bulan Februari, paus pembunuh muncul tanggal 7 di Botubarani dan tanggal 23 di Lopo-Kayubulan, Batudaa Pantai,” kata Verrianto, yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo).(rg-40/Ant)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.