Pastikan Tak Ada Calo, Seleksi KPU Gorut Dibuka Untuk Umum

Seleksi komisioner KPU periode mendatang mulai dibuka oleh Tim Seleksi

RadarGorontalo.com – Masa kerja komisioner KPU Gorontalo Utara sudah berakhir. Dan mulai Senin (5/11) kemarin, proses untuk kembali menjaring komisioner baru KPU Gorut kembali digelar oleh Tim Seleksi (TimSel) di kantor KPU Gorut.

Timsel beranggotakan 5 orang, masing masing, Dr. Lilian Dama, Hairudin Polontalo, Kristina Mohamad Udoki, Samsi Pomalingo dan Lailany Yahya.

Dalam penyampaian mereka, yang juga tertuang dalam draft pengumuman pendaftaran. Selain dasar seleksi digelar, tim juga menitik beratkan pada 17 point persyaratan pendaftaran bakal calon komisioner KPU Gorut periode 2019-2024.

Beberapa point itu mencantumkan batas usia minimal 30 tahun, pendidikan minimal SLTA, KTP Gorut, Tidak rangkap jabatan, Belum pernah menjabat komisoner KPU selama 2 kali masa jabatan yang sama, hingga pula tidak memiliki ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Selain syarat-syarat itu masih ada beberapa syarat lain, termasuk pula mengakomodir calon disabilitas tapi tetap mampu untuk hal ini melalui syarat syarat yang sudah ditentukan.

Sementara untuk proses kelengkapan dokumen syarat terdiri dari 10 point, yakni berkenaan dengan mempersiapkan makalah, surat pernyataan yang memuat 9 point yang telah disiapkan oleh timsel, dan beberapa surat keterangan.

Baik bukan lagi jabatan parpol atau badan usaha, kelakuan baik tidak pernah dipidana, dan rekom pejabat pembina kepegawaian kalau dari kalangan eksekutif. Namun demikian pihak Timsel akan berusaha semaksimal mungkin untuk proses ini, hingga pula menghidari per-caloan dari sistem yang berlaku dalam rekrutmen calon komisioner KPU Gorut.

“Ya, sebab beberapa pernah terjadi di KPU diluar daerah kita, dan ketahuan. Setelah kita koordinasikan dengan pihak KPU pusat, dan ternyata ada sanksi tegas untuk itu jika ditemukan.

Dan saya inginkan itu tidak terjadi di Gorontalo Utara, dan kami menjaminnya, tukas salah satu timsel, Kristina Udoki yang jelas membuka proses ini untuk siapa saja yang mau mendaftar. (RG-53)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.