Pasca Pilkada, Pangdam Kembali Cek Pasukan

 

Panglima Kodam XIII / Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE. MM, saat bersama Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf Dadang Ismail Marzuki, dan semua Danramil se Gorontalo.

RadarGorontalo.Com– Pasca Pilkada serentak di Gorontalo, Kamis (16/02) kemarin semua personil militer bertugas di wilayah hukum Gorontalo, dicek Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE. MM. Kata Mayjen TNI Ganip, pengecekan pasukan tersebut dilakukan serentak semua kesatuan tertinggi di masing-masing daerah.

Termasuk mengevaluasi sejauh mana tugas yang dilakukan semua personil, dalam rangkan mengamankan proses pelaksanaan Pilkada serentak di Gorontalo.

“TNI harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam kehiddupan politik praktis. Anggota TNI tidak menggunakan hak pilih dan dipilih. Karena tugas kita adalah mengamankan jalanya pemilu kada, di Provinsi Gorontalo agar tertib dan lancar,” ujar Mayjen TNI Ganip.

Dirinya juga mengapresiasi partisipasi masyarakat, yang begitu antusias bekerjasama dengan pesonil dalam mengamankan pilkada. Sehingga proses pelaksanaan pilkada serentak di Gorontalo berlangsung kondusif.

Selain itu tambah Mayjen TNI Ganip, pada kesempatan itu ia bersama rombongan menyempatkan  waktu mengunjungi semua kesatuan TNI AD di Gorontalo.

Mulai dari tingkat atas Kodim 1304 Gorontalo, Brigif 22 Otamanasa, Bataliyon 713 Satya Tama, Bataliyon 715 sampai kesatuan terbawah yakni Koramil.

Untuk mengevaluasi semua program yang dilaksanakan masing-masing kesatuan. Dan menurut Jenederal Bintang Dua itu, kunjungan kerja ini merupakan bagian dari kebersamaan TNI AD, karena kebersamaan adalah benteng terakhir Negeri ini.

“Termasuk kunjungan ke lokasi pembangunan Korem Gorontalo. Ini saya lakukan karena Korem dan Kodim Poguwato merupakan pengembangan Daerah Militer, guna lebih meningkatkan lagi keamanan dan kestabilitas wilayah Provinsi Gorontalo,” terang Mayjen TNI Ganip.

Tidak sedikit pesan yang diamanahkan pada semua pesonil TNI AD yang bertugas di Gorontalo. Baik mengenai peran Babinsa, yang notabenenya mitra Pemerintah Daerah. Serta terus melakukan koordinasi dengan atas masing-masing wilayah, bila menemui pesoalan di lapangan.

“Pemerintah daerah siapkan rencana pembangunan, dan Babinsa memabantu di lapangan. Karena sekarang sudah 32 Kementrian yang bekerja sama dengan TNI, dan terakhir kerja sama Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI untuk membantu menarik pajak bagi penunggak pajak,” jelas Mayjen TNI Ganip.

“Peran Babinsa¬† cari potensi yang mendapatkan pajak, karena selam ini banyak yang tidak membayar pajak. Jadi fungsi Babinsa memabantu pemerintah daerah binaannya bangsa, agar saling membantu dalam pembangunan daerah binaannya. Serta Hindari pelanggaran Babinsa, bila ada kesulitan koordinasi degnan Danramil,” timpal Mayjen TNI Ganip.

Kemudian dalam perbincangannya dengan sejumlag Babinsa itu, Mayjen TNI Ganip sempat menyinggung soal sinergitas Babinsa dengan masyarakat serta aparat pemerintah daerah dibidang pertanian. Dimana dalam program tersebut, kata Mayjen TNI Ganip, TNI AD secara langsung mulai dari tingkat atas terlibat langsung dalam mensukseskan program pertanian.

“Ada pesan yang di titipkan Kasad TNI AD pada semua Babinsa, yakni ucapan terima kasih karena selama ini terus menjadi mintra yang baik bagi Pemerintah Daerah Gorontalo, dalam rangka meningkatkan program pertanian di daerah,” tutur Mayjen TNI Ganip.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.