Panwaslih Boalemo Tolak Gugatan

RadarGorontalo.com – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) memutuskan menolak gugatan tim pemenangan pasangan Darwis Moridu dan Anas Jusuf (DAMAI) atas keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo yang meloloskan pasangan Rum Pagau-Lahmudin Hambali sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Boalemo.

Keputusan itu dibacakan langsung oleh pimpinan Panwaslih Kabupaten Boalemo, Sukarman Rahim pada Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pilkada Kabupaten Boalemo yang digelar pada Selasa (8/11)sore, di Ballroom Hotel Citra ayu Tilamuta. Dalam putusannya Majelis menilai permohonan dari pihak pemohon tidak beralasan hukum sehingga majelis menetapkan untuk menolak permohonan dari pihak pemohon untuk seluruhnya. Usai mendengar putusan tersebut, tim kuasa hukum dari pihak DAMAI enggan memberikan komentar terkait hasil putusan tersebut.

Pelaksanaan sidang pun kembali dilanjutkan pada pukul 21.00 WIT. Kali ini agendanya adalah pembacaan putusan perkara dengan nomor register 001/PS/GO.01/X/2016 terkait gugatan yang dilayangkan pihak Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) terhadap KPU Kabupaten Boalemo menyangkut persoalan keabsahan legalisir ijazah yang digunakan Darwis Moridu sebagai syarat untuk berlaga pada Pilkada Boalemo 2017 mendatang.

Sama halnya dengan gugatan yang dilayangkan pihak DAMAI, pihak AMPD pun harus menelan kekecewaan akibat gugatan mereka ditolak oleh pihak majelis. Majelis berpendapat bahwa gugatan yang dilayangkan pihak AMPD tidak beralasan hukum sehingga harus ditolak secara keseluruhan.

Ketua KPU Kabupaten Boalemo, Amir Koem usai mendengarkan pembacaan putusan tersebut mengaku akan melaksanakan hasil dari putusan musyawarah tersebut. Bahkan Amir Koem mengaku, pihak KPU Kabupaten Boalemo akan bersiap apa bila nanti akan menerima gugatan hukum ke tingkat yang lebih tinggi. (rg-60/rg-59)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.