Pantai Langala, ‘Surga Tersembunyi’ di Pelosok Boalemo

Destinasi 4 Obyek Wisata, Pernah Dikunjungi Nadine Chandrawinata

RadarGorontalo.com – ‘SURGA Yang Tersembunyi’. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Pantai Langala. Sebuah pantai yang berada di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Pantai yang memiliki ciri khas pasir putih yang menawan ini, masih belum banyak dikunjungi orang.

Ronald Rampi, Gorontalo

Jembatan Pantai Langala yang dibangun untuk membantu pengunjung menikmati pesona pantai. (RONALD RAMPI/RG)

PANTAI Langala memang tidak setenar dengan pantai-pantai wisata yang ada di Indonesia. Sebut saja, Pantai Kuta (Bali), Pantai Pandawa (Bali), Pantai Parangtritis (Yogyakarta) dan beberapa pantai terkenal lainnya. Meski tidak terkenal seperti pantai-pantai tersebut, namun Pantai Langala tak kalah mempesona bila dibandingan dengan tempat wisata pantai lainnya.

Bagi warga sekitar Dulupi, Pantai Langala menjadi pilihan untuk berwisata ketika mereka tak bisa menjangkau Pantai Bolihutuo yang terkenal dengan garis pasir putih nan panjang serta wahana permainan yang telah dibangun oleh pemerintah. Bahkan, tidak hanya bagi warga Dulupi saja. Warga Wonosari dan Paguyaman Pantai pun turut menjadikan pantai ini sebagai destinasi andalan. Karena, selain jaraknya tak terlalu jauh dari wilayah mereka, Pantai Langala juga menyajikan 4 destinasi wisata sekaligus. Sehingga masyarakat pun dimanjakan olehnya.

Ya, Pantai Langala memang memiliki 4 destinasi, diantaranya wisata bahari yang terdiri dari Diving dan Snorkling, wisata pantai pasir putih nan cantik serta wisata alam berupa hutan bakau yang masih ‘perawan’. Tentunya, ini menjadi hal yang sangat diburu oleh para wisatawan.

Keindahan Pantai Langala ini pun menarik awak RADAR Gorontalo untuk bisa mengunjunginya. Tepat sore hari, ketika lembayung senja di ufuk barat, awak RADAR Gorontalo yang didampingi Camat Dulupi dan sejumlah tokoh masyarakat mencoba untuk menikmati panorama alam Pantai Langala.

Untuk ke Langala, wisatawan bisa memilih jalur transportasi. Bisa menggunakan akses darat, bisa juga melalui jalur laut. Untuk jalur darat, wisatawan dapat memilih jalur untuk memulai perjalanan. Apakah melalui Desa Tabongo, atau melalui Desa Dulupi yang kemudian harus melalui sebuah jembatan gantung. Bagi awak RADAR Gorontalo, jalur darat yang melalui Desa Tabongo menjadi pilihan saat itu. Awak RADAR Gorontalo pun memulai perjalanan menggunakan sepeda motor yang dikendarai oleh salah seorang tokoh masyarakat. Dia adalah Azis Sune, tokoh masyarakat yang juga mantan Kepala Desa Tabongo periode 2010-2016.

Dalam perjalanan, Azis berbincang banyak hal, termasuk inovasinya dalam mengembangkan Pantai Langala. Menurutnya, Langala adalah pantai anugerah bagi masyarakat Dulupi. Pasalnya, Langala menjadi obyek wisata yang dilengkapi dengan 4 destinasi sekaligus. “Bisa dibilang, Langala ini juga pantai dengan wisata Manggrove terbaik. Makanya, masyarakat bersama pemerintah desa terus bekerjasama untuk bisa memacu perkembangan pantai ini untuk bisa menjadi lebih baik,” kata Azis. Menurutnya, pengembangan yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah sejauh ini, baru sebatas pembangunan gazebo dan jembatan lingkar Manggrove. “Untuk jembatan lingkar Mangrove itu pun belum selesai,” keluhnya. Meski belum dikembangkan secara maksimal, namun kata Azis, ada kebanggaan tersendiri untuk Pantai Langala. Dimana, pantai ini pernah dikunjungi oleh Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata.  Bersambung (*/RG)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *