Pakai Dana Sendiri, Warga Pinogu Bangun 3 Jembatan

PULUHAN warga di Kecamatan Pinogu melakukan kerja bakti memperbaiki dan membangun kembali jembatan kayu yang sudah lapuk di wilayah tersebut, baru-baru ini.

RadarGorontalo.com – Tak mau larut menggantungkan harapan kepada pemerintah, warga Pinogu pun bahu-membahu membuat akses salah satunya seperti jembatan yang menghubungkan ke desa terdekat. Minggu (8/4), puluhan tukang ojek dan warga Pinogu, bersama melakukan kerja bakti, guna memperbaiki jembatan kayu yang sudah rusak. Bagi warga Pinogu, jembatan ini perannya sangat vital. Menariknya, jembatan itu adalah satu dari tiga jembatan yang dibangun atas swadaya masyarakat.

“ada tiga buah jembatan kayu yang dibangun dengan biaya swadaya murni masyarakat setempat dengan dibantu oleh para tukang ojek yang selalu melewati jembatan tersebut. Karena keberadaan ketiga jembatan itu sudah lapuk.” kata Camat Pinogu, Rizal Mooduto, ketika dihubungi.

Rizal Mooduto, mengemukakan, pekerjaan perbaikan dan pembuatan tiga buah jembatan itu dilaksanakan oleh warga di Desa Bangio Kecamatan Pinogu selama dua hari. “salah satu jembatan dekat dengan pos Taman Nasional, itu akan dibuat deker dengan bantuan dua sak semen dari setiap kepala desa di Kecamatan Pinogu, dan dikerjakan oleh semua tukang ojek asal Pinogu dan dari pihak Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.” ujarnya. Rizal pun berharap lewat pelaksanaan kerja bakti tersebut, masyarakat yang ada di Kecamatan Pinogu bisa berpartisipasi dalam pembangunan di wilayahnya, terutama dalam gerakan swadaya. Olehnya itu, Rizal mengaku bersyukur, ternyata masyarakat Pinogu masih peduli kegiatan swadaya. “ini dibuktikan ketika kami meminta kepada Kepala Desa untuk mengerahkan masa atau warganya melakukan pembuatan jembatan sekaligus melakukan pembersihan jalan sepanjang 9 km dari Desa Bangio ke Pohulongo ternyata banyak warga yang hadir.” tutur mantan Sekretaris DLH Bonebol ini. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.