PACE, Jadi Brand Wujudkan Berbagai Program, Terobosan Mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Panggulo

“PIA TERANG PACE” (Pia Panggulo Desa Cerdas), menjadi salah satu kreasi mahasiswa KKN Kebangsaan desa Panggulo

RadarGorontalo.com – Kreatifitas mahasiswa KKN Kebangsaan diaplikasikan sesuai dengan latar belakang ilmu yang didapat di perkuliahan mulai dari pertanian, hukum, administrasi, akuntansi, pendidikan, dan IT. Branding PACE (Panggulo Desa Cerdas) dipakai dalam berbagai program kerja yang akan dilakukan selama KKN berlangsung.

Menurut Koordinator Desa Satrio setiawan asal UNG, bahwa program peningkatan kapasitas masyarakat desa dalam mengelola kawasan konservasi untuk mendukung ketahanan pangan yang dilakukan oleh mahasiswa yakni pengembangan UMKM “PIA TERANG PACE” (Pia Panggulo Desa Cerdas).

“Yang membuat unik dan menarik dari PIA TERANG PACE yakni dengan inovasi baru berbagai varian rasa berupa selai papaya, selai jagung dan pisang, karena kami memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah di Desa Panggulo ini supaya bernilai jual tinggi,” ujar Mega Shintya mahasiswa Pertanian asal Solo Jawa Tengah. Sosialisasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM telah dilakukan dengan mengundang perwakilan UMKM Se-Kecamatan Suwawa Timur, ada juga pelatihan pembukuan yang disampaikan oleh Inggrid dan Yun yang berasal dari prodi akuntansi mahasiswa asal Kaltim dan Gorontalo.

Selain itu, Program Gentara PACE (Gerakan Tanam Rawat Panggulo Desa Cerdas) juga telah berlangsung dengan ditanaminya pohon tahunan seperti akasia, tanjung di bantaran sungai Bone yang dihadiri oleh camat Suwawa Timur. Rencananya Program ini juga akan menjadi program kecamatan dengan nama yang sama yakni Gentara Mas Suwawa Timur (Gerakan Tanam Rawat Masyarakat Suwawa Timur).

Menurut Sadrak mahasiswa FKIP asal Universitas Musamus Merauke, ini memberikan tambahan ilmu pendidikan bagi anak di Desa Panggulo sangatlah penting karena generasi yang akan meneruskan perkembangan desa di masa mendatang, mulai dari PAUD CERDAS, Les Bahasa Inggris Pace, TPA Pace, Les Matematika kami lakukan sesuai jadwal yang telah kami buat. Dalam bidang pertanian dan peternakan, telah dihadirkan Dokter Hewan dari provinsi Gorontalo sebagai wujud dukungan program desa yakni beternak ayam kampung super oleh karang taruna, serta adanya penyuluhan pertanian oleh BP3K di Dasa Wisma 1 Desa Panggulo. Berbagai pelatihan kami kemas dengan unik dan sederhana bertujuan agar mudah diingat oleh masyarakat serta dapat diterima dengan baik. “Pengarsipan administrasi di kantor desa juga telah kami bantu dengan aplikasi yang mempermudah aparat Desa Panggulo.” Ujar Devi mahasiswa asal NTT.(rg-40/pr)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.