OTT Polda Bidik Instansi Rawan Pungli

RadarGorontalo.com – Usai sukses operasi tangkap tangan (OTT) pungutan liar di Kemenhub, kini pemerintah bersiap membentuk satuan tugas (Satgas) pemberantasan pungli yang bernama sapu bersih pungutan liar atau Saber Pungli. Sasarannya, adalah instansi-instansi yang rawan praktek pungli, mulai dari instansi pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah, bahkan kepolisian.

Ternyata, jauh sebelum temuan di Kemenhub itu, Polda Gorontalo sendiri, sudah memulai operasi serupa di instansi yang berkaitan dalam pengurusan ijin dan lain sebagainya, termasuk Samsat dan Satuan Lalulintas (Satlantas). Namun, dari rangkaian operasi itu, baru satu yang berhasil. Yakni OTT terhadap oknum pegawai pajak.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP M Nimict, Rabu (12/10), mengatakan, selama Polda Gorontalo melakukan OTT di instansi terkait tadi, belum ada temuan sedikitpun dalam OTT tersebut. Namun berkaitan dengan OTT yang dimaksud, jajaran Direskrim Khusus Polda Gorontalo pernah melakukan OTT terhadap seorang oknum Kantor Pajak Gorontalo, dan kasusnya masih dalam proses hukum. “Untuk OTT di Kantor Samsat dan Satlantas yang ada di Polres jajaran, kami tidak pernah menemukan hal yang menonjol dalam hal ini pungli. Namun sewaktu-waktu OTT ini akan kami gelar kembali,” ujar Kabid Humas.

Sementara itu, dikutip dari Jawa Pos Group, ada 7 langkah taktis berantas pungli yang akan dilakoni oleh Satgas Saber Pungli.

  1. Melibatkan seluruh kementerian, lembaga negara, Polri, dan Kejaksaan Agung.
  2.  Membentuk satuan tugas (satgas) sapu bersih (saber) pungli di seluruh daerah di Indonesia dan bersinergi dengan seluruh institusi pelayanan publik.
  3. Membuat pusat pengaduan online dan call center.
  4. Menarget seluruh pelaku pungli mulai hulu hingga hilir. Mulai birokrat (PNS), calo pelayanan publik, sampai pelaku pemalakan upeti kepada pedagang di pasar.
  5. Menerapkan sistem reward and punishment kepada pelaku/instansi publik.
  6. Satgas dapat bekerja sendiri menindak praktik pungli.
  7. Pemberantasan pungli dilakukan serentak mulai pusat hingga daerah. (rg-62)
Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.