Optimus Prime Turun Operasi Simpatik

Sambil menggunakan kostum optimus prime, seorang pria ikut membantuk polisi mensosialisasikan budaya tertib lalulintas dalam operasi simpatik Polres Gorontalo Kota. (f.abink)

RadarGorontalo.com – Ada-ada saja aksi kreatif polisi lalu lintas dalam mensosialisasikan kepatuhan aturan berkendara. Mulai dari membuat video pendek yang humoris tapi mendidik, hingga ikut mengajak ikon karakter tertentu untuk ikut dalam operasi. Kali ini, Satlantas Polres Gorontalo Kota menurunkan optimus prime karakter robot pemimpin dalam film transformer. Aksi mereka Senin (5/3), memikat para pengguna jalan.

Di kota Gorontalo sendiri, pelanggaran lalulinas rata-rata didominasi oleh pelajar. Sedikitnya ada 100 pelanggar dari kalangan siswa SMP maupun SMA sederajat, yang terjaring operasi. Tidak punya surat izin mengemudi dan tak pakai helm rata-rata pelanggaran yang dilakukan. Belum lagi denga aktifitas balap liar.

AKP Dody Munandar, Kasat Lantas Polres Gorontalo Kota menjelaskan, selama ini banyak pelajar yang terjaring operasi lalulintas. Walaupun mereka belum cukup umur, dari pihak Satlantas Polres Gorontalo Kota tetap memberikan tilang, terhadap pelajar tersebut. Karena salah satu indikasi pelanggarannya, mereka tidak memiliki SIM dan sering tak mengenakan helem atau tutup kepala. “Untuk operasi simpatik yang kami gelar kali ini, ada 50 kasus yang terjaring. Diantaranya, 20 pelanggaran dan 30 teguran, yang didalamnya terdapat pelajar yang terjaring operasi juga,” jelas Dody.

Solusi yang dilakukan pihaknya selama ini, yakni menggelar sosialisasi terhadap masyarakat dan sekolah, tentang keselamatan berlalulintas. Sayang, masih belum memberikan pemahaman terhadap sejumlah masyarakat, khususnya orang tua. Karena, dari hasil operasi yang kami gelar, masih ada pelajar yang terjaring operasi lalulintas. “Kalau kerjasama, kami telah bangun sejak awal dengan pihak sekolah-sekolah, bahkan kami juga menggelar sosialisasi di lingkungan masyarakat, tentang lalulintas,” tutur Dody. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.