Ombudsman Kerjasama dengan SLB

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo

RadarGorontalo.com – Pelayanan yang baik merupakan hak dari seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali bagi kaum penyandang disabilitas. Berangkat dari hal tersebut Ombudsman RI Provinsi Gorontalo melakukan kerja sama dengan pihak Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Gorontalo pada hari rabu kemarin.

Ombudsman Gorontalo akan memberikan pelayanan khusus bagi penyandang Disabilitas yang ingin mengadukan tentang pelayanan publik yang mereka rasakan. Sehingga ombudsman memerlukan beberapa persiapan antara lain penerjemah hingga menyediakan formulir berhuruf Braile.

“Layanan tersebut agar bisa diberitahukan 3 hari sebelum ingin mengadukan persoalan agar kiranya kita dapat mempersiapkan segala sesuatu,” ucap Alim. Menurut penuturan dari salah seorang guru SLB bahwa terdapat salah satu perusahaan yang menolak ketika siswanya telah datang diperusahaan untuk melakukan magang pada hal sebelumnya perusahaan tersebut telah menyetujui melalui surat.

Ombudsman sangat menyangkan kejadian hal tersebut pasalnya kebanyakan orang menganggap bahwa penyandang disabilitas merupakan warga negara kelas 2 sehingga seringkali mendapatkan perlakuan diskriminasi. Pada hal sebenarnya tidak demikian, mereka juga memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan tutur alim.

Selain itu banyak juga dari siswa SLB yang telah menjuarai berbagai perlombaan nasional maupun Internasional seperti halnya vivin siswi SMP di SLB ini merupakan anak Polahi yang telah menjuarai perlombaan mendongeng ditingkat Nasional. (RG/25)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *