Oma Ani, Pemilih 102 Tahun

Oma Ani Bachtiar

RadarGorontalo.com – OMA Ani Bachtiar akan menjadi pemilih dengan usia tertua di Pemilukada Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) 2018, hasil penjaringan pemilih yang telah dilakukan oleh KPU Gorut, dengan usia 102 tahun.

M. Yusuf Tuna, Kwandang

DENGAN usianya, yang sudah lebih dari 1 abad tersebut, jika dihitung-hitung, Oma Ani sudah yang ke 17 kali-nya akan memberikan hak pilihnya, pada Pilkada Gorut tahun ini. Dari informasi yang dihimpun RADAR Gorontalo, Oma Ani sendiri merupakan warga perbatasan Gorontalo Utara-Sulawesi Tengah, tepatnya di desa Tolinggula Ulu, kecamatan Tolinggula.

Ketua KPU Gorut, Sofyan Rahmola mengatakan masuknya nama Oma Ani ini, setelah tim kerja KPU berkunjung ke daerah itu, untuk mentabulasi daftar pemilih tetap atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada. “Benar! Nama Oma Ani Bachtiar adalah pemilih tertua dengan usia 102 tahun, yang telah kami akomodir, berhak untuk menentukan hak pilihnya, pada Pilkada Gorut mendatang,” kata Sophian, yang juga komisioner KPU bidang data.

Disamping itu, KPU Gorut mencatat pula, ada beberapa pemilih berusia dibawah 17 tahun. Mereka juga diperbolehkan memberi hak pilihnya, karena sudah berumah tangga. “Karena, dalam aturan, bagi mereka yang belum berusia 17 tahun, tapi sudah menikah, berhak untuk memilih dan kelak masuk dalam DPT untuk Pilkada Gorut itu nanti,” jelas Sophian. “Dan, kalau terkait pemilih dibawah usia 17 tahun ini, hampir semua kecamatan di Gorut, kami (KPU) temukan. Dimana, dari jumlahnya, kami mencatat ada 27 orang, terdiri dari 26 wanita dan sisanya pria, ” tukas Sophian.

Sehingga, secara data keseluruhan pemilih yang telah diakomodir oleh KPU Gorut, sudah ada 82,393 jiwa, yang tercatat dalam DPT di KPU Gorut. (*/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *