Oknum Caleg Tersangka? Ini Kata Ketua DPRD Boalemo

Oktohari Dalanggo

RadarGorontalo.com – Oknum Caleg di Boalemo dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian, karena tuduhan memalsukan dokumen. Hal itu seperti diutarakan Ketua DPRD Boalemo Oktohari Dalanggo yang menyayangkan penetapan tersangka tersebut, karena menurutnya yang harusnya ditindak adalah pihak penyelenggara, karena meloloskan caleg bersangkutan, yang seharusnya sejak awal di TMS saja.

Saya prihatin, kok rakyat yang jadi Caleg dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian. Harusnya mereka penyelenggara yang dijadikan tersangka bukan para Caleg,” ungkap Oktohari Dalanggo kepada Radar Gorontalo, Kamis (18/10) kemarin.┬áPolitisi Golkar ini menegaskan, persoalan ini tidak boleh dibiarkan. Karena menurutnya, persoalan ini ada dugaan faktor kesengajaan.

Dimana, sebelum tahapan Daftar Caleg Tetap (DCT) ditetapkan oleh KPU Boalemo, begitu panjang waktu bagi KPU untuk meneiliti semua berkas Caleg yang lolos pada tahap DCS. Dari semua Caleg lolos DCS, ada Caleg yang tidak lolos. Tapi anehnya, ada Caleg dari PKB yang sudah ditetapkan lolos, tiba-tiba dinyatakan tersangka karena diduga memalsukan dokumennya.

“Setahu kami, Caleg yang tidak memenuhi syarat (TMS), dikembalikan berkasnya untuk dilengkapi. Andaikan berkas Caleg tidak lengkap, maka di coret oleh KPU. Namun lain bagi Caleg PKB, mereka dinyatakan lolos oleh KPU, selanjutnya dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian.

Jangan Caleg yang dikambing hitamkan oleh aturan Pemilu dari kekeliruan penyelenggara Pemilu yang kurang memahami aturan. Ada apa ini sebenarnya, apakah mereka Caleg PKB sengaja diloloskan oleh KPU. Kami DPRD tidak akan membiarkan persoalan ini. Yang keliru disini adalah penyelenggarabukan Caleg,” tegas Oktohari. (RG-45)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.