Oduolo Pak Jokowi

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Saat menyambut Kedatangan Presiden RI Joko Widodo Di Bandara Djalaludin
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Saat menyambut Kedatangan Presiden RI Joko Widodo Di Bandara Djalaludin

Terima Kasih Pak Jokowi

(RadarGorontalo.com) – Rakyat Gorontalo berterima kasih ke Presiden Joko Widodo. Setahun pasca kunjungannya di provinsi ini 2014 silam, sebagian besar janjinya kala itu, sudah direalisasikan. Sebut saja, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Maleo di Kabupaten Pohuwato, Terminal Baru Bandara Djalaludin, hingga Gorontalo Outer Ring Road (GORR). Belum lagi dengan mega proyek lainnya untuk Gorontalo.

Presiden Jokowi tiba di Bandara Djalaluddin Gorontalo pukul 22.30 Wita, tadi malam. Kedatangannya di sambut hangat oleh Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie beserta Ibu Gubernur Hj. Idah Syahidah Habibie. Beristirahat semalam di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Jokowi bersama Gubernur Rusli Habibie pukul 07.00 pagi ini akan terbang mengunakan Helikopter ke Kabupaten Pohuwato, Kecamatan Paguat, untuk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Paguat.

Selain mengatasi krisis listrik di Gorontalo, pembangunan PLTG Paguat merupakan buah komitmen Rusli dan juga program Presiden Jokowi, khusus terobosan di sektor ketenagalistrikan dengan terget pembangunan 35.000 mega watt (MW). “Selain mengatasi krisis listrik Gorontalo, program ini merupakan salah satu program unggulan dalam rangka mencapai sasaran nawacita yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis khususnya kedaulatan energi,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Gubernur mengatakan, masyarakat Gorontalo patut berbangga dan bersyukur karena dengan adanya PLTG tersebut, krisis listrik beberapa bulan kemarin sempat terjadi, mulai teratasi. Bahkan saat ini kata Gubernur, untuk wilayah Sulut-Gorontalo sudah surplus listrik hingga 75 MW. “Kita harus syukuri Pak Jokowi memberikan perhatian penuh ke Gorontalo, dimana kita tahu bukan hanya Gorontalo yang mengalami devisit, tapi berkat bantuan Presiden, Alhamdulillah kini Gorontalo terang menderang. Oduolo (terima kasih) Pak Presiden,” ucap Rusli.

Namun Rusli tidak menjamin bahwa sudah tidak ada pemadaman lagi. Karena beberapa hari terakhir ini juga terjadi pemadaman, yang diakibatkan kondisi alam, di mana ada pohon yang tumbang dan merusak jaringan listrik sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk perbaikan. “Kita berdoa saja agar selama ramadhan tidak akan ada pemadaman,” harapnya.

Keuntungan lain teratasinya listrik kata Ketua Golkar tersebut adalah, minat investor datang ke Gorontalo. Karena menurutnya,  keberadaan investor untuk menanamkan modalnya di Gorontalo tergantung pada banyaknya ketersediaan listrik. Jika masih seperti lalu sering terjadi pemadaman serta ditambah tarifnya yang berbeda dari daerah lain, para investor pasti akan berpikir dua kali untuk menanamkan modalnya. “Insya Allah dengan terpenihunya kebutuhan listrik ini, terget saya mendatangkan investor ke Gorontalo untuk menanamkan modal sebanyak-banyaknya akan terwujud. Jika ini terwujud pasti akan berdampak positif terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor, dan peningkatan pendapatan masyarakat secara keseluruhan,” pungkas Rusli.

Selain PLTG Paguat, yang diberikan Presiden Jokowi untuk Gorontalo sejak dilantik adalah Bandara Djalaluddin Gorontalo, tambahan anggaran GORR (Gorontalo Outer Ring Road), pembangunan Bendungan Randangan, waduk di Bone Bolango serta tambahan anggaran untuk revitalisasi Danau Limboto. Tak hanya itu, sudah banyak usulan pembangunan Provinsi Gorontalo, yang telah dibahas melalui Musrenbang Kabupaten/Kota dan dijadikan sebagai Program RPJM Provinsi Gorontalo, yang akan Rusli perjuangkan penganggarannya kepada disetujui Presiden Jokowi, lewat Kementerian terkait. “Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, untuk kemudahan dan kelancaran dalam pengajuannya,” harap Gubernur. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.