Nyaleg, CBD Resmi Mundur Dari Jabatan Wawali

Charles Budi Doku

RadarGorontalo.com – Wakil Walikota Charles Budi Doku secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya menyusul pencalonannya sebagai, bakal anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kota pada Pileg 2019. “Saya mendapatkan mandat dari DPP Nasdem untuk membesarkan dan memenangkan partai di Kota Gorontalo. Tentunya ada konsekuensi psikologis terhadap saya selaku kader partai. Akhirnya saya membuat keputusan untuk ikut berkompetisi dalam pesta Pileg 2019 dan mundur sebagai wakil Walikota, ungkap CBD.

Pengunduran resmi ini diketahui, setelah DPRD Kota Gorontalo menerima dua surat pengunduran diri pejabat daerah, salah satunya milik Wawali yang dibacakan anggota DPRD usai mengikuti rapat paripurna kesepakatan bersama KUA-PPAS untuk APBD perubahan 2018. Ketua Dekot Feriyanto Konio menyampaikan bahwa alasan dari isi surat tersebut, sesuai Undang-Undang MD3, serta Undang-undang 23 tahun 2014. “Bila kepala daerah, atau Wakil Kepala Daerah mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD, atau DPR itu harus memundurkan diri dari jabatan mereka,” kata politisi Golkar ini.

Mengenai tindak lanjut dari surat pengunduran diri ini, pihaknya tentu terlebih dahulu sudah memparipurnakannya. Tinggal DPRD Kota Gorontalo sendiri, menyurat ke Pemerintah Provinsi Grontalo dalam hal ini Gubernur Gorontalo. “Sekarang ini kursi Wakil Walikota Gorontalo kosong. Berkaitan dengan ini tentu berdampak pada pelaksanaan rapat paripurna, yang bersifat wajib bagi dua lembaga negara tersebut.Sehingga, untuk memaksimalkan terlaksananya dengan baik paripurna itu, dua lembaga tersebut harus memperkuat ikatan koordinasi dan komunikasi dua lembaga,” tukas Yanto, sapaan akrab Ketua Dekot ini. (abink/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.