NU Dirikan Perguruan Tinggi

bendera-nahdlatul_ulama

Dipusatkan Di Limboto 

RadarGorontalo.com – Dunia pendidikan Gorontalo maju pesat. Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan jumlah perguruan tinggi. Saat ini saja ada sekitar, 8 perguruan tinggi resmi yang sudah lama beroperasi. Peluang ini timbul, karena minat lulusan SMA yang ingin kuliah begitu tinggi. Bahkan, di beberapa kampus besar, mahasiswa dari luar daerah begitu dominan. Nah, dalam waktu dekat, rencananya Dewan Piminan Wilayah (DPW) NU Provinsi Gorontalo akan membangun Perguruan Tinggi di Gorontalo yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo, Kecamatan Limboto Barat.

Wakil Ketua DPW NU Provinsi Gorontalo Dr. Ridwan Tohopi, menjelaskan sudah lama rencana pembangunan kampus Nahdatul Ulama, dan tahun ini rencananya pekerjaan pembangunan Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo, sudah dilaksanakan. Dijelaskan Ridwan, yang juga penggagas Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo, mengatakan untuk sementara ada 5 Fakultas di dalam Universitas NU Gorontalo, dari 5 Fakultas memiliki 16 Jurusan diantaranya Jurusan Jurnalist dan Jurusan Kesehatan lainya. “Kita membangun Universitas ini, karena mendukung dunia pendidikan di Gorontalo.

Berbagai macam perguruan tinggi di Gorontalo dan beragam Jurusan yang ada. Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo sendiri lebih memilih mengadakan Jurusan yang tidak dimiliki Perguruan Tinggi di Gorontalo,” ketusnya sembari menambahkan dari segi anggaran DPW NU, sudah cukup siap, belum lagi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, merspon positif dengan adanya pembangunan Perguruan Tinggi ini. “Pemkab Gorontalo sendiri membantu tanah seluas 3 hektar untuk pembangunan Universitas NU. Begitu juga dengan Warga setempat yang menghibahkan tanah mereka seluas 1 hektar. Sehingga dengan adanya bantuan ini bisa lebih memudahkan pembangunan perguruan tinggi,” ujarnya.

Rencananya peletakan batu pertama akan dilaksanakan akhir bulan ini, setelah pelantikan Pengurus DPW NU Provinsi Gorontalo. Bahkan kata Ridwan, Universitas Nahdatul Ulama sudah bisa menerima mahasiswa baru pada tahun 2018 mendatang. Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, sangat mengapresiasi pembangunan Universitas Nahdatul Ulama, yang di pusatkan di Limboto, mengingat kata Nelson, lokasi untuk pembangunan Universitas NU itu, tepatnya di belakang Kejaksaan Negeri Limboto dijadikan pusat Kota Satelit Pendidikan Kabupaten Gorontalo. “Bahkan jika ada Perguruan Tinggi lain yang ingin membangun Kampus kami akan arahkan kesana, dan Pemkab Gorontalo siap membantu,” ujarnya. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *