Nongkrong di Warkop, Bolos ke Mall, ASN Bisa Dipecat

Ilust by Anwart

RadarGorontalo.com – Ini peringatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sering bolos di jam kerja, dan kedapatan cuman jalan-jalan ke mall atau nongkrong di warung kopi (Warkop).

Jika kedapatan Sapol PP, mereka bisa kena sanksi. Tidak tanggung-tanggung, sanksinya adalah pemecatan. Demikian rancangan ranperda Ketentraman,

Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Tranribum) yang saat ini tengah digodok Deprov Gorontalo. Ditemui usai memimpin rapat, Senin (5/11) kemarin,

Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Provinsi Gorontalo Ulul Azmi Kadji mengatakan, banyak hal dituangkan dan diatur dalam rancangan regulasi tersebut.

Diantaranya kata dia, keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kedapatan tak menjalankan tugas, atau berada ditempat umum seperti pusat pembelanjaan atau mall maupun tempat nongkrong misalnya, warung kopi.

Sanksi tegas kata dia, akan diberikan jika ada ASN yang kedapatan ditempat – tempat tersebut. “Apalagi jika didapati disaat jam kerja sementara berjalan,” kata Ulul.

ASN wajib memiliki surat tugas atau semacamnya, jika berada di tempat – tempat umum seperti itu. Ketegasan ini kata dia, dalam rangka memenuhi apa yang menjadi hak dari rakyat. Pelayanan publik yang lebih baik.

“Harus diingat bahwa, mereka (ASN) digaji dari uang rakyat, karenanya juga harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk rakyat,” ungkap Ulul.

Saat para ASN ini digaji oleh rakyat, namun ketika rakyat menuntut pelayanan, para ASN justru tidak ada tempat. Atau parahnya lagi, justru sedang jalan – jalan di mall atau minum kopi nongkrong.

Melalui regulasi tersebut, para penega hukum dalam hal ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kini memiliki alasan kuat untuk memberikan sanksi, sekaligus melakukan penertiban.

Terkait sanksi kata dia, ada beberapa macam dan tingkatan, disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya. Diantaranya, sanksi administrasi berupa teguran hingga, bukan tak mungkin dilakukan pemecatan.

Tidak saja mengatur soal aktifitas ASN dijam kerja, rancangan regulasi ini juga mengatur tentang pelajar dan mahasiswa.

Sementara itu, sebelumnya dari Pantauan Radar Gorontalo diruang rapat Inogaluma kantor DPRD Provinsi Gorontalo Senin kemarin, rancangan regulasi ini juga mengatur, diantaranya, penertiban terhadap hewan liar serta lainnya, yang berkaitan dengan, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *