NKRI Aman, Bawaslu : Berkas Pencalonan Tak Bermasalah

Konfrensi Pers yang dilaksanakan Bawaslu Provinsi Gorontalo

RadarGorontalo.com – Bawaslu Provinsi Gorontalo menegaskan, kalau berkas pendaftaran Calon Gubernur Rusli Habibie tak bermasalah. Hal itu sesuai dengan konsultasi Bawaslu Provinsi Gorontalo dibeberapa lembaga yang berwewenang seperti Pengadilan Negeri Gorontalo dan Kejaksaan Tinggi Gorontalo, termasuk juga dengan hasil konsultasi di Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Siti Haslina Said menjelaskan, berkas pencalonan pasangan NKRI yang dipersoalkan adalah salinan putusan dari Mahkamah Agung (MA). Pada saat pendaftaran pasangan calon NKRI, hanya memasukan petikan putusan dari MA, sementara syaratnya adalah salinan putusan. Itu dikarenakan, untuk mendapatkan salinan putusan dari MA memakan waktu lama, sehingga pasangan calon NKRI hanya memasukan petikannya saja. “Pasangan calon NKRI, sudah berupaya mendapatkan salinan putusan sebagai mana syarat dalam pencalonan, karena salinan putusan belum ada, maka petikan putusan bisa digunakan,” ujarnya.

Menurut Haslina, Bawaslu hanya sebatas memastikan calon Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, apa benar-benar berstatus terdakwa dengan hukuman satu tahun dan dua tahun percobaan. Sehingga kata Haslina lagi, Bawaslu sesuai dengan rapat pleno, menilai berkas pencalonan pasangan calon NKRI tidak bermasalah lagi.

Sementara itu, ditempat terpisah mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Marten A Taha menanggapi gugatan terhadap NKRI itu, mengatakan, apa yang telah diputuskan KPU Provinsi Gorontalo sebelumnya terhadap berkas pasangan NKRI, sudha benar. Apalagi proses tahap pendaftaran dan pencalonan sudah selesai. “Jadi, tuntutan dari pihak lain soal kelengakapan berkas pasangan NKRI, menurut saya sudah tidak relevan. Karena semua persyaratan sudah dipenuhi pasangan NKRI,” singkat Marten. (rg-60/rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.