Nilai Pancasila Diharapkan Terwujud dalam Kehidupan Berbangsa

Senataro RI Rahmijati Jahja saat memberikan materi pada sosialisasi 4 pilar kebangsaan

RadarGorontalo.com – Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan pedoman penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, belum diaplikasikan dengan utuh.

Demikian yang disampaikan Anggota DPD RI Rahmijati Jahja dihadapan 200-an aparat desa dan kelompok masyarakat pada sosialisasi 4 pilar bangsa di gedung PGRI Kabupaten Gorontalo, Kamis (15/11) kemarin.

Rahmi menilai, Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI saat ini hanya seperti slogan semata, tanpa ada kemauan untuk menerapkannya dalam pola kehidupan sehari-hari.

Rahmi menyakatakan adanya kemerosotan moral bangsa disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. “Pengaruh negatif globalisasi di Indonesia membuat kemerosotan moral bangsa.

Jika dibiarkan maka nilai-nilai moral akan semakin merosot dan mengakibatkan terbunuhnya karakter bangsa,” ungkap mantan anggota DPRD Provinsi ini.

Upaya pembangunan karakter bangsa adalah tanggung jawab bersama. Dia berharap adanya sosialisasi empat pilar ini dapat membantu meningkatkan pendidikan karakter bangsa.

Isi dari Empat Pilar MPR RI adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

“Sesuai dengan amanat UU MD3 Tahun 2014. Sosialisasi ini ditujukan kepada seluruh warga negara Indonesia termasuk kita yang hadir saat ini. Rahmi pun mengajak peserta yang hadir untuk ikut bersama-sama mensosialisasikan pemahaman empat pilar dalam masyarakat.

“Empat Pilar harus dihayati, dimengerti, dan diimplementasikan di kehidupan kita,” tukasnya. Acara yang dimulai pukul 10.00 WITA, dihadiri oleh mantan Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib dan Ludin Olii mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Gorontalo yang tampil sebagai pemateri. (RG-31)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *