Nelson Pertemukan Petani dan Pengusaha se Indonesia

Temu bisnis yang dibuka Bupati Gorontalo dan dihadiri sejumlah pengusaha dan petani Kelapa Indonesia. (Foto : Fian/RG)

RadarGorontalo.com – Prof Nelson Pomalingo selaku Bupati Kabupaten Gorontalo, resmi membuka temu bisnis terkait dengan pengembalian kejayaan kelapa Indonesia yang digelar di aula Rumah dinas Bupati Gorontalo. Pertemuan itu, turut dihadiri sejumlah investor yang bergerak di bidang kelapa, baik investor lokal maupun Nasional. Bahkan, hadir juga salah satu investor yang menjalankan perusahaan kopera putih terbesar di dunia.

Prof Nelson dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para pengusaha kelapa dari berbagai Daerah. Kegiatan kali ini merupakan bagian dari upaya untuk mengembalikan kejayaan Kelapa Indonesia. Seperti yang diketahui, potensi kelapa di Indonesia ini sangat besar hanya saja belum terkelola dengan baik. Nah, hari ini menjadi awal bagi kita untuk mengembalikan kejayaannya. Kelapa ini merupakan tanaman yang multi manfaat. Dari akan sampai dengan daunnya bisa dimanfaatkan. Tak heran, banyak investor dunia yang berebutan mencari stok kelapa di Indonesia.

Selaku Ketua Koalisi Pemerhati Kelapa (KPK) Nasional, Prof Nelson Pomalingo mengajak kepada semua pengusaha kelapa untuk bersatu dan bersama-sama untuk mengembalikan kejayaan kelapa ini. Saya yakin dan percaya, kalau kita terus menseriusinya pasti kejayaan kelapa ini bisa kita raih.

Diakhir pernyataannya, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya berakhir disini, tetapi besok (hari ini,red) akan digelar kegiatan pertemuan Nasional antara puluhan Bupati pemerhati kelapa yang dipusatkan di Bongohulawa.

Sementara itu, Bupati Kebumen Ir. H. Mohamad Yahya Fuad, turut mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, langkah yang diambil Prof Nelson ini sudah benar karena persoalan kelapa saat ini sudah mulai merosot, padahal kita menjadi Negara dengan potensi kelapa terbesar. Hal yang sama juga disampaikan Rudy Handiwidjaja selaku Ketua umum Himpunan Industri pengolahan kelapa Indonesia (Hipki). Baginya, kegiatan Temu Nasional ini menjadi wadah bagi kami selaku pengusaha dan petani kelapa untuk kembali membahas persoalan kelapa, dan kemajuan kelapa itu sendiri. Pasalnya, produksi kelapa maupun harganya sempat merosot karena kurang perhatian pemerintah, nah dengan adanya kegiatan ini tentunya kami selaku pengusaha dan petani kelapa merasa kembali diperhatikan”, ujar Rudy yang juga dibenarkan Muhaemin Tallo selaku Ketua Umum Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia (Perpekindo).

Disatu sisi, Kadis Pertanian Rahmat Pomalingo mengatakan Langkah bupati ini sudah sangat tepat, kami berharap kegiatan ini bisa menggairahkan petani kelapa di daerah. Kegiatan ini juga, berawal dari pertemuan Bupati Gorontalo dengan beberapa Kepala Daerah yang kemudian berlanjut dengan gagasan membentuk Koalisi, yang akhirnya terbentuk Koalisi Pemerhati Kelapa (KPK) dan diketuai oleh Prof Nelson Pomalingo. Semoga dengan kegiatan ini bisa mengangkat kembali kejayaan kelapa Indonesia sebagaimana yang diharapkan oleh kita semua”, ujar Rahmat.

Lebih lanjut lagi, Direktur Utama Kampung Kelapa Indonesia, Agung Mozin menuturkan Saat ini kita harus menyongsong dengan tekhnologi, karena kita harus mengejar pasar.

Dengan sistem online kampung kelapa ini menjadi jembatan petani kelapa dalam mengejar pasar. Dengan aplikasi ini semua bisa mengaksesnya, baik petani maupun rakyat yang mengangkut kelapa. Aplikasi ini bisa dilihat seluruh dunia. Kami memback up penuh apa yang dilakukan oleh Prof Nelson. Dan kampung kelapa ini kami pusatkan di Bilato. Kami juga akan membangun wisata kelapa. Semua akan kami pusatkan disana. Yang pasti ini bisa menguntungkan bagi kita semua dan akan kita Lounching hari ini”, ujar Agung Mozin. (RG-52)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *