Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada

Pohon ketapang yang tumbang di Jalan Ternate Kota Gorontalo akibat diterpa angin kencang dimusim penghujan. (foto/Abink/RG)
Pohon ketapang yang tumbang di Jalan Ternate Kota Gorontalo akibat diterpa angin kencang dimusim penghujan. (foto/Abink/RG)

RadarGorontalo.com – Ada beberapa wilyaha di Kota Gorontalo yang rawan dilanda bencana banjir, jika musim penghujan tiba. Salah satunya Kelurahan Biawu yang ada di Kecamatan Kota Barat. Walikota Gorontalo Marthen Taha mengimbau, seluruh masyarakat Kota khususnya yang berdomisili di lokasi dekat dengan sungai, agar waspada dengan datangnya banjir.

Masyarakat juga diminta agar menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sungai. Karena biasanya sungai dijadikan masyarakat sebagai tempat membuang sampah. “Musim hujan begini, masyarakat waspada dan jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi disungai, karena bencana banjir itu terjadi sering diakibatkan sampah yang meluap di suangi,”terang Walikota.

Tidak hanya itu, Walikota menambahkan agar masyarkat terus menjaga kesehatan, karena musim hujan seperti ini sangat rentan pencemaran penyakit, baik demam berdara dan lainnya. Bahkan Walikota mengimbau, agar orang tua terus memberikan pengawasan terhadap anaknya, karena biasanya dimusim penghujan seperti ini, seringa terjadi kasus anak hanyut di sungai. “saya harap tidak ada masyarakat yang membuag sampah di sungai. Karena jika air sungai meluap, maka dampaknya tidak lain banjir,”jelas Walikota.

Selain itu, Walikota meminta, jika ada sampah yang tergenang di selokan atau sungai, masyarakat agar dapat bekordinasi dengan aparat Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan, serta gotong royong membersihkan genanagn sampah tersebut. Karena menurut Walikota, dengan gotong royong daerah yang ditempati masyarakat akan terhindar dari bencana banjir. “Kordinasi dengan aparat setempat sangat penting, maka beritahukan apabila ada kejadian di wilayah masing-masing,”tukas Walikota.(rg-62)

Share

Comments

comments

One thought on “Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *