Monumen Tank di Taruna Remaja, Bukti Sejarah Perang Gorontalo

Dua alat perang jenis AMX-13 dan Panser Sarachen, yang ada di Lapangan Taruna Remaja.(f/Abink).

RadarGorontalo.com – Sebagai cagar budaya, Lapangan Taruna Remaja terus mengalami perubahan. Kini, lapangan itu bertambah satu penghuni lagi. Yakni, panser tua jenis Saracen, dan AMX-13 yang, Kamis (23/8), diletakkan dibawah patung Nani Wartabone. Rencananya keberadaan dua alat perang itu, terkait rencana pendirian monumen tank yang akan diresmikan dalam waktu dekat.

Kalau tidak ada halangan, 5 September nanti, peresmian monumen tank akan dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Mulyono, yang sekaligus meresmikan Korem 133 / Nani Wartabone.

Menurut, Komandan Korem 133 Nani Wartabone Kolonel Czi. Arnold A. Ritiawu, alat perang ini diboyong langsung dari markas besar TNI AD, dan menumpang kapal milik TNI AL selama 14 hari hingga tiba di Gorontalo. “Dua unit alat perang ini, merupakan monumen TNI AD. Kami tentunya bangga bisa mendatangkan alat perang milik TNI AD ini. Dan dipastikan menjadi ikon masyarakat Gorontalo, yang berlokasi di pusat Kota Gorontalo, tak lain adalah Ibukota Provinsi Gorontalo,” ujar Danrem.

Pengadaan dua unit monumen ini, tentunya berkat kerjasama antara Korem 133 Nani Wartabone, dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo. Apalagi ia katakan, Lapangan Taruna Remaja ini terletak di kawasan cagar budaya, yang ada di Kota Gorontalo. Nah, dengan adanya dua monumen TNI AD ini, ia pun berharap dapat meningkatkan nilai budaya di Gorontalo. “Serta, dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama, agar bisa menjaga cagar budaya tersebut,” terang Danrem.

Sedangkan prosesi peresmian monumen bersejarah ini tambah Danrem, akan dilaksanakan Kamis (05/09) Bulan September nanti. “Yang akan meresemikannya, selain dari unsur Pemerintah Provinsi Gorontalo. Terutama yang akan meresmikan monumen tersebut, yakni Kasad Jenderal TNI Muloyono,” tutup Danrem.(rg-62).

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.