Monumen Pembentukan Provinsi Gorontalo, RG Jadi Donaturnya

Direktur Radar Gorontalo Hi, Raden Syarief Abdullah (Tengah), diapit empat mantan wartawan, Hamim Pou, Elnino Mohi, Abdullah Lahay dan Sumarjo Muna, usai menerima penghargaan pembentukan Provinsi Gorontalo (Abink/RG).

RadarGorontalo.com – Untuk mengabadikan sejarah pembentukan Provinsi Gorontalo, telah dibangun monumen perjuangan rakyat Gorontalo terhadap pembentukan Provinsi Gorontalo. Monumen ini, telah dibangun di Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo yang juga merupakan kompleks deklarasi pembentukan Provinsi Gorontalo. Selasa, (23/1) telah dilakukan peletakan batu pertama. Pembangunan monumen sejarah pembentukan Provinsi Gorontalo itu, akan dibiayai langsung oleh Rachmat Gobel.

The Presnas Centre (TPC) sebuah organisasi para Pejuang Pembentukan Provinsi Gorontalo, sudah lama merencanakan pembangunan monumen tersebut. Monumen itu diharapkan menjadi penanda bahwa Provinsi Gorontalo pernah diperjuangkan untuk pisah dari Provinsi Sulawesi Utara, pada 18 tahun silam.

Monumen itu juga dijadikan tempat wisata edukasi bersejarah perjuangan pembentukan Provinsi Gorontalo. “Monumen perjuangan rakyat Gorontalo, kini telah di bangun. Dan pembangunan ini juga di biayai oleh Bapak Rachmad Gobel, ” ujar Deklarator pembentukan Provinsi Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo.

Kendati demikian, dalam usianya ke 17 tahun, angka pengangguran dan kemiskinan masih saja tinggi, walaupun perlahan mulai bergerak turun. Kata Wakil Gubernur Idris Rahim, ini adalah pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. “Insya Allah, 3 sampai 4 tahun mendatang, PR ini bisa diselesaikan,” ungkapnya ketika memberikan sambutan dalam acara Presnas semalam.

Hal serupa juga diulas Nelson Pomalingo. Menurutnya, kemiskinan dan pengangguran sudah turun, tapi harus diakui masih ada kekurangan. Namun dari sisi pendidikan, Provinsi Gorontalo sudah memiliki sedikitnya 14 perguruan tinggi, dan jumlah itu jauh lebih besar dibanding provinsi yang sama-sama dimekarkan. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *